Tindaklanjuti Laporan Publik, KPK Mulai Selidiki Dugaan Korupsi Formula E Jakarta
Twitter/KPK_RI
Nasional

Sebagai informasi, FIA World Motor Sport Council telah mengumumkan bahwa DKI Jakarta menjadi Tuan Rumah ajang balap mobil listrik Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang.

WowKeren - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mengusut dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E DKI Jakarta. KPK mulai meminta keterangan terkait penyelenggaraan ajang balap mobil listrik tersebut.

"Betul, KPK sedang meminta permintaan keterangan dan klarifikasi kepada beberapa pihak guna mengumpulkan bahan data dan keterangan ataupun informasi yang diperlukan oleh tim penyelidik," jelas Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangan tertulis pada Kamis (4/11). "Namun demikian, karena masih proses awal pengumpulan bahan keterangan maka materi penyelidikan tidak bisa kami sampaikan saat ini."

Menurut Ali, langkah ini merupakan tindak lanjut KPK mengenai informasi yang disampaikan masyarakat terkait Formula E DKI. Ali pun meminta agar publik terus mengawal kinerja KPK dalam memberantas korupsi. Menurutnya, masyarakat adalah pengawas dan pendukung kinerja KPK.

Sebelumnya, Gedung KPK sempat digeruduk massa yang menuntut pengusutan Formula E DKI. Pada 13 September 2021 lalu, puluhan orang meramaikan halaman Gedung Merah Putih KPK dan bahkan sempat ricuh dengan petugas keamanan karena tak diizinkan masuk ke dalam gedung. Namun beberapa perwakilan akhirnya diperbolehkan masuk ke dalam lobi gedung untuk menyampaikan aspirasinya.


"(Desakan) soal penemuan audit BPK, yang sudah sangat merugikan Rp 1,3 triliun, ya soal penemuan Formula E yang sangat merugikan tak penuhi kebijakan," ujar salah satu peserta aksi bernama Onis.

Ali Fikri sendiri telah meminta publik untuk melaporkan keluhan terkait Formula E tersebut ke saluran pengaduan masyarakat. Dengan demikian, validitas informasi dapat segera ditindaklanjuti oleh KPK.

"KPK mendorong agar penyampaian aspirasi berupa pengaduan dugaan tindak pidana korupsi dapat dilakukan melalui saluran pengaduan masyarakat KPK. Hal ini penting agar kami bisa segera memeriksa validitas dan kelengkapan informasi awal yang diadukan," papar Ali Fikri pada 15 September 2021 lalu.

Sebagai informasi, FIA World Motor Sport Council telah mengumumkan bahwa Jakarta menjadi Tuan Rumah Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang. Akan tetapi, hingga saat ini, venue atau lokasi penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta masih belum juga diketahui.

Pengecekan calon venue Formula E juga belum dilakukan lantaran penyelenggara atau FEO terkendala izin keluar dari Inggris. Namun Widi Amanasto selaku Direktur Utama JakPro mengatakan bahwa penentuan venue ditargetkan pada bulan November 2021.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait