MAMA 2021: Tak Ada aespa, Netizen Prediksikan TWICE Bakal Raih Penghargaan Best Female Group
Musik

Baru-baru ini di forum online Korea, sebuah postingan yang memprediksi grup yang akan memenangkan penghargaan berdasarkan kriteria MAMA telah menarik perhatian netizen.

WowKeren - Lebih dari sebulan tersisa sampai Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021 akan berlangsung. Tahun ini, acara MAMA 2021 akan digelar pada 11 Desember pukul 6 petang (KST). Tahun ini, setelah MAMA 2021 mengumumkan kategori nominasi pada malam 3 November, ada perdebatan tentang siapa yang layak meraih trofi Best Female Group.

Salah satu kategori yang bukan Daesang tetapi juga menarik perhatian adalah Best Female Group. Tahun ini, penghargaan tersebut memiliki total 6 grup yang dinominasikan termasuk (G)I-DLE, Brave Girls, ITZY, Oh My Girl, Red Velvet, dan TWICE.

Absennya BLACKPINK (Black Pink) adalah hal pertama yang mungkin diperhatikan oleh netizen, meskipun ini tidak mengejutkan mengingat mereka tidak memiliki aktivitas grup pada tahun 2021. Sebaliknya, semua perhatian tertuju pada aespa.

Meskipun memiliki kesuksesan album dan musik digital yang luar biasa pada tahun 2021, aespa tidak dinominasikan. Hal ini juga memicu banyak kontroversi dan banyak netizen mengklaim bahwa Mnet memperlakukan aespa secara tidak adil.

Dan, sementara banyak pengguna internet percaya bahwa jika aespa dicalonkan, mereka pasti akan menang, daftar kandidat yang telah diumumkan tidak dapat diubah. Akibatnya, banyak netizen yang menebak-nebak girl grup mana yang pantas mendapatkan gelar Best Female Group.

Baru-baru ini di forum online Korea, sebuah postingan yang memprediksi grup yang akan memenangkan penghargaan berdasarkan kriteria MAMA telah menarik perhatian netizen. Oleh karena itu, seperti kebanyakan penghargaan MAMA 2021 lainnya (kecuali Worldwide Icon of the Year), penghargaan tersebut tidak akan mempertimbangkan kriteria suara dari penggemar.


Untuk penghargaan Best Female Group, pemenang akan dipilih berdasarkan penilaian 40% juri, 20% pencapaian digital, 20% penjualan album fisik, 10% MV, dan 10% platform musik global. Berikut rincian singkatnya dengan hanya mempertimbangkan mereka yang telah dinominasikan.

Untuk pencapaian digital, Oh My Girl memimpin dengan "Dun Dun Dance" yang diperkirakan akan masuk 20 besar tangga lagu tahunan Melon. Untuk penjualan album, TWICE memimpin. Menurut Gaon, album "Taste of Love" telah melampaui 520.000 copy sejauh ini.

Untuk pencapaian MV, TWICE memimpin dengan MV "Alcohol Free" yang telah mendapatkan lebih dari 188 juta view. Untuk platform musik global, TWICE memimpin dengan "Alcohol Free" di Spotify, YouTube Music, Billboard, dan lainnya.

Pada akhirnya, netizen yang mempublikasikan postingan menyimpulkan bahwa, menurut sebagian besar kriteria, TWICE adalah grup dengan penampilan terbaik. Di sisi lain, 40 persen penilaian juri adalah faktor terpenting dalam menentukan pemenang, namun tampaknya mereka akan memilih TWICE. Banyak netizen berkomentar bahwa mereka percaya TWICE akan dengan mudah memenangkan penghargaan Best Female Group.

"Jika hanya berdasarkan skor seperti itu, TWICE pasti akan menang," komentar netizen. "Aku ingin Oh My Girl mendapatkannya, tapi aku pikir TWICE akan mendapatkannya. MAMA selalu memberikan penghargaan kepada TWICE," kata netizen lainnya. "'Alcohol Free' sangat bagus, TWICE juga akan memenangkan penghargaan ini," ujar yang lain.

"Aku tidak mengerti kenapa mereka tidak menominasikan aespa," kata netizen. "Tampaknya jika dilihat dari platform musik global, skor ITZY lebih tinggi dari TWICE," komentar yang lain. "Karena tidak ada aespa, TWICE akan menang, tidak sulit ditebak," imbuh lainnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel