Dalam Rangka Peringati Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga Di Makam BJ Habibie Hingga Ani Yudhoyono
Instagram/jokowi
Nasional

Pada 10 November 2021, Presiden Jokowi memimpin Upacara Ziarah di TMP Kalibata, Jakarta. Seperti yang diketahui, 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

WowKeren - Setiap 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan oleh masyarakat Indonesia. Pada peringatan Hari Pahlawan kali ini, Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Adapun upacara tersebut digelar sekitar pukul 08.00 WIB. Pada saat memasuki lokasi upacara, Jokowi didampingi dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Peringatan Hari Pahlawan itu dimulai dengan hormat senjata kepada arwah pahlawan bangsa. Kemudian, sirine dibunyikan untuk memperingati pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945 melawan para penjajah.

Setelah itu, Jokowi memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta mengingat jasa-jasa para pahlawan. Kemudian, Jokowi mengantar karangan bunga simbolis bertuliskan "Pahlawanku Inspirasiku". Terakhir, upacara ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Jokowi juga melakukan ziarah ke makan sejumlah tokoh. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.


"Almarhum Prof. Dr.Ing. H. BJ Habibie (Blok M-120), Almarhumah Hj. Ainun Habibie (Blok M-121), Almarhumah H. Taufiq Kiemas (Blok M-114), Almarhumah Hj. Ani Yudhoyono (Blok M-129)," ungkap Heru kepada CNNIndonesia.com, Rabu (10/11).

Heru menerangkan bahwa Jokowi juga menabur bunga di makam para Pahlawan Revolusi di Blok E-79 sampai dengan 83. Setelah itu, juga berziarah ke Blok M-59 sampai M-62 yang merupakan makam pahlawan tidak dikenal dan pahlawan berpangkat terendah.

Tak hanya makam para pahlawan, mantan Wali Kota Solo itu juga berkunjung ke sejumlah makam tokoh bangsa, di antaranya adalah Umar Wirahadi Kusuma, H. R. Soedarmono, dan H. Adam Malik. Sementara dalam Upacara Ziarah di TMP itu juga turut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara.

Setelah melaksanakan Upacara Ziarah di TMP, Jokowi diketahui juga memimpin Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan dan Tanda Kehormatan di Istana Negara, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB.

Adapun 4 tokoh yang akan dinobatkan sebagai pahlawan nasional adalah Sultan Aji Muhammad Idris, Tombolotutu, Usmar Ismail, dan Raden Aria Wangsakara.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait