Peparnas XVI Papua Resmi Ditutup Presiden Jokowi: Kebangkitan Besar Olahraga Nasional
Instagram/kemensetneg.ri
Nasional

Gelaran Peparnas XVI Papua secara resmi telah ditutup oleh Presiden Jokowi. Sebelumnya, ajang pertandingan olahraga nasional itu dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

WowKeren - Pada Sabtu (13/11) hari ini, Presiden Joko Widodo secara resmi menutup perhelatan olahraga nasional Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua. Dalam penutupan ini, Jokowi juga menyampaikan sejumlah pesan terkait ajang pertandingan olehraga tersebut.

"Melalui PON dan Peparnas di Papua ini, kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nasional kita," tutur Jokowi dalam pidato penutupan Peparnas XVI Papua, Sabtu (13/11). "Kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan, dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan nama negara."

Jokowi lantas menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras seluruh pihak yang telah mensukseskan jalannya Peparnas XVI Papua. Selain itu, ia juga memuji kontingen Papua yang berhasil keluar sebagai Juara Umum Peparnas XVI . Papua berhasil menempati posisi pertama dengan perolehan 127 medali emas, 87 perak, dan 93 perunggu.


"Secara khusus saya mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua atas semua prestasinya di Peparnas ini," ucap Jokowi. "Provinsi Papua juara umum, meraih medali terbanyak, dan selamat kepada Papua telah sukses sebagai tuan rumah PON dan Peparnas."

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan bahwa keberhasilan Papua dalam menjadi tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI, menunjukkan bahwa masyarakat Bumi Cendrawasih itu hebat dan profesional. "Saya tegaskan lagi, bukan hanya torang bisa, tapi semua ini menunjukkan torang hebat," tandas Jokowi.

Sebelumnya, Peparnas XVI itu secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pada 5 November lalu. Pada saat itu, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa Peparnas XVI menjadi ajang untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang.

Tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan oleh Jokowi, saat membuka Peparnas XVI lalu, Ma'ruf Amin juga menyampaikan mengenai nilai-nilai keberagaman dan kesetaraan. Selain itu, Ma'ruf Amin juga menyinggung terkait dengan gelaran PON XX dan Peparnas XVI yang dilaksanakan di Papua itu sebagai bukti bahwa pemerintah memberikan perlakuan yang sama terhadap setiap daerah di Indonesia.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru