Hampir Semua Grup K-Pop Debutan 2013 Bubar, BTS Satu-Satunya yang Masih Bertahan
Twitter/bts_bighit
Selebriti

BTS bukan satu-satunya grup K-Pop yang memulai debutnya tahun itu. Namun mereka adalah salah satu dari sedikit grup yang memulai debutnya pada tahun 2013 yang belum bubar sekarang.

WowKeren - Ada banyak grup K-Pop yang debut di tahun 2013. Namun hanya satu grup yang masih aktif dan bertahan, itu adalah BTS (Bangtan Boys). Tak sekadar bertahan, mereka justru sangat sukses dan menjadi grup paling terkenal seantero dunia.

2013 akan selalu menjadi poin yang sangat penting dalam sejarah K-Pop. Itu adalah tahun dimana BTS debut. Meskipun butuh beberapa tahun untuk menjadi sukses, semuanya dimulai pada 13 Juni 2013.

BTS bukan satu-satunya grup K-Pop yang memulai debutnya tahun itu. Namun mereka adalah salah satu dari sedikit grup yang memulai debutnya pada tahun 2013 yang belum bubar sekarang, dan satu-satunya grup yang aktif di industri K-Pop.

Ini mungkin waktu yang buruk untuk beberapa grup, karena 2012 menjadi awal karier EXO, VIXX, EXID, NU'EST, BTOB, AOA. Tahun 2014 menjadi debut grup seperti GOT7, Red Velvet, WINNER (II), dan [c=MAMAMOO. Hampir semua grup yang disebutkan meraih kesuksesan.

Berbicara tentang grup yang debut pada 2013, sebagian besar tidak terkenal di kalangan penggemar K-Pop. Meski beberapa dari mereka sukses, tapi kini menghilang.


Beberapa grup yang memulai karier mereka pada 2013 yang mungkin pernah Anda dengar antara lain SPEED, Ladies' Code, HISTORY, dan Topp Dogg. Sayangnya, keempat grup ini kecuali Ladies' Code telah dibubarkan.

Ladies' Code sendiri telah hiatus untuk waktu yang tidak ditentukan sejak tahun 2020. Ini sangat disayangkan, karena mereka semu debut dengan beberapa lagu dan video musik yang luar biasa.

Grup lain yang mungkin pernah kamu dengar adalah Boys Republic (yang telah hiatus sejak 2018), Bestie (yang bubar pada 2018), dan GI (yang bubar pada 2016).

Sementara itu, BTS semakin sukses setiap tahun, memecahkan rekor di tangga musik dan dengan lebih dari 32 juta penjualan album sejak karir mereka dimulai. Mereka telah membantu genre musik K-Pop menyebar ke seluruh dunia, dan banyak dari idola rookie saat ini mengagumi mereka.

Mungkin menyedihkan bahwa tidak ada lagi grup debut tahun 2013 yang dapat memiliki karirr yang panjang dan berbuah. Namun banyak yang sangat senang bahwa BTS masih kuat, terutama karena grup juga hampir bubar sebelum mendapat kemenangan pertama mereka dengan "I Need You" pada 2015.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru