3 Atlet yang Hadiri Acara Pelatihan Olimpiade Beijing 2022 Positif COVID-19
AP Photo/Charlie Riedel
Dunia
Pandemi Virus Corona

Ajang Olimpiade ini akan menguji kemampuan Tiongkok untuk menangkal pandemi. Pihak penyelenggara bahkan menjanjikan stadion yang hampir kosong dan melarang penonton dari luar Tiongkok.

WowKeren - Pejabat Tiongkok mengungkapkan ada tiga atlet yang menghadiri acara pelatihan untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing yang dinyatakan positif terpapar COVID-19. Sebagai informasi, ajang Olimpiade Musim Dingin Beijing akan dimulai pada Februari 2022 mendatang.

Pekan lalu, pejabat telah mengumumkan adanya seorang atlet luge asing yang dinyatakan positif COVID-19 di bandara ketika memasuki Tiongkok. Ia kemudian dikirim ke hotel karantina bersama dengan rekan setimnya yang terinfeksi karena mereka tidak memiliki gejala.

Pada Kamis (18/11), Zhao Weidong selaku anggota panitia penyelenggara Olimpiade mengumumkan kasus positif COVID-19 yang ketiga. Yakni atlet luge lain yang merupakan kontak dekat kasus sebelumnya.

Zhao menjelaskan bahwa pasien ketiga ini tidak menunjukkan gejala dan juga telah dipindahkan ke fasilitas karantina untuk "pengamatan medis". Ia menambahkan bahwa pihak otoritas terus "menguji orang, bahan dan lingkungan, serta melakukan pemantauan kesehatan dan mendisinfeksi lingkungan."


Di sisi lain, Tiongkok kini bersiap untuk menghadapi salah satu tantangan terbesar dalam strategi nol-COVID mereka. Pasalnya, ribuan atlet diperkirakan akan turun ke Beijing untuk pertandingan, yang akan diadakan pada 4 hingga 20 Februari 2022 mendatang.

Pekan ini, otoritas Beijing memberlakukan aturan baru yang ketat pada pelancong yang masuk ke kota tersebut. Semua pengunjung yang masuk ke Beijing diharuskan untuk menunjukkan hasil tes COVID-19 negatif dari 48 jam terakhir. Pihak otoritas juga membatalkan penerbangan dari area berisiko lebih tinggi di dalam negeri.

Ajang Olimpiade ini akan menguji kemampuan Tiongkok untuk menangkal pandemi. Pihak penyelenggara bahkan menjanjikan stadion yang hampir kosong dan melarang penonton dari luar Tiongkok.

Semua atlet dan staf venue yang berpartisipasi harus sudah divaksinasi. Sementara puluhan ribu pekerja di industri berisiko tinggi di Beijing harus menjalani tes COVID-19 beberapa kali seminggu.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts