Tiongkok Turunkan Hubungan Diplomatik dengan Lituania Usai Taiwan Nekat Bangun Kantor Kedutaan
AFP/Petras Malukas
Dunia

Menurut Tiongkok, apa yang dilakukan oleh Lituania telah merusak kedaulatan dan integritas teritorial Tiongkok, dan sangat mencampuri urusan dalam negeri negara itu.

WowKeren - Tiongkok telah secara resmi menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Lituania. Langkah ini menyusul keputusan negara Baltik tersebut yang telah mengizinkan Taiwan untuk membuka kedutaan de facto di Vilnius.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Minggu (21/11). Kementerian menyebut bahwa Lituania telah mengabaikan "sikap serius" Tiongkok dan norma-norma dasar hubungan internasional yang mengizinkan Taiwan untuk mendirikan kantor perwakilannya.

Meski secara teknis bukan kedutaan resmi, kantor diplomatik tersebut efektif berfungsi sebagai kantor diplomat di negara yang tidak resmi memiliki hubungan luar negeri dengan Taiwan. Kantor Perwakilan Taiwan di Lituania dibuka sejak Kamis pekan lalu.

Sedangkan bagi Tiongkok, Taiwan yang telah memiliki pemerintahan sendiri dan diperintah secara demokratis masih menjadi bagian dari wilayahnya. Tiongkok bahkan sebelumnya telah mengusir duta besar Lituania sebagai protes terhadap hubungan yang berkembang antara Vilnius dan Taipei.


Menurut Tiongkok, apa yang dilakukan Lituania "merusak kedaulatan dan integritas teritorial Tiongkok, dan sangat mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok" serta menciptakan "preseden buruk secara internasional". Pernyataan kementerian mengatakan bahwa hubungan akan diturunkan ke tingkat kuasa usaha, anak tangga di bawah duta besar.

Kementerian itu menegaskan bahwa apa pun yang dilakukan Taiwan, pulau itu tetap menjadi bagian dari Tiongkok. "Kami mendesak pihak Lituania untuk segera memperbaiki kesalahannya dan tidak meremehkan tekad dan tekad teguh rakyat Tiongkok untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial," tegasnya.

Sedangkan dari pihak Lituania, mereka menyayangkan keputusan Tiongkok. Kementerian Luar Negeri Lituania mengatakan bahwa pada dasarnya mereka patuh pada kebijakan "Satu Tiongkok" namun mereka juga ingin memperluas hubungan dengan Taiwan.

"Lithuania menegaskan kembali kepatuhannya pada kebijakan 'Satu Tiongkok', tetapi pada saat yang sama memiliki hak untuk memperluas kerja sama dengan Taiwan," ujar mereka.

Kantor Taiwan lainnya di Eropa dan Amerika Serikat menggunakan nama kota Taipei untuk menghindari referensi ke pulau itu sendiri, yang mana hal ini semakin membuat marah Beijing. Hingga kini sudah ada 15 negara yang memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru