El Salvador Mau Bangun Kota Bitcoin Pertama di Dunia Pakai Tenaga Gunung Berapi
AFP
Dunia

Kota itu direncanakan akan dibangun di wilayah timur La Union. Bukele mengatakan jika kota itu akan sepenuhnya ekologis dengan memanfaatkan tenaga panas bumi dari gunung berapi.

WowKeren - El Salvador tengah berencana untuk membangun apa yang disebut sebagai Kota Bitcoin yang pertama di dunia. Presiden Nayib Bukele mengatakan bahwa proyek ini awalnya didanai oleh obligasi yang didukung Bitcoin.

Kota itu direncanakan akan dibangun di wilayah timur La Union. Saat berbicara di acara penutupan promosi Bitcoin selama seminggu di El Salvador, Bukele mengatakan jika kota itu akan sepenuhnya ekologis dengan memanfaatkan tenaga panas bumi dari gunung berapi. Kota ini juga tidak memungut pajak apa pun, hanya pajak pertambahan nilai (PPN).

"Investasikan di sini dan hasilkan semua uang yang Anda inginkan," kata Bukele. "Ini adalah kota yang sepenuhnya ekologis yang bekerja dan mendapat energi dari gunung berapi."

Bukele juga kemudian merinci kemana PPN yang dipungut akan dialokasikan. Sebanyak 50 persen dari PPN yang dipungut akan dialokasikan untuk mendanai obligasi yang diterbitkan untuk membangun kota. Sedangkan sisanya akan dipakai untuk membayar layanan seperti pengumpulan sampah.


Menurut perkiraan Bukele, infrastruktur publik akan menelan biaya sekitar 300.000 Bitcoin (17,7 miliar dolar AS). Seperti diketahui, El Salvador telah menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada September lalu. Jaringan restoran cepat saji McDonald's di sana pun juga sudah menerima pembayaran dengan Bitcoin.

Bukele adalah presiden yang populer di negara itu. Kendati demikian, jajak pendapat menunjukkan orang-orang El Salvador justru skeptis terhadap kecintaan Bukele pada Bitcoin, dan pengenalannya yang tidak begitu berjalan baik telah memicu protes terhadap pemerintah.

Lebih lanjut, Bukele juga merinci gambaran kota itu nantinya. Kota itu direncanakan akan berbentuk lingkaran, yang dilengkapi dengan bandara, area perumahan dan komersial. Kota itu juga akan memiliki alun-alun pusat yang dirancang sedemikian rupa agar terlihat seperti simbol Bitcoin dari udara.

"Jika Anda ingin Bitcoin menyebar ke seluruh dunia, kita harus membangun beberapa Alexandria," kata Bukele di Twitter. Pernyataan itu merujuk pada rencana pembangunan kota yang akan didirikan menyerupai kota-kota yang dibangun oleh Alexander Agung.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait