Tersangka Penabrak Parade Natal di AS Ternyata Terlibat Banyak Kasus, Termasuk Kekerasan Berpisau
AFP/City of Waukesha
Dunia

Darrell Brooks (39) telah dijadikan tersangka atas 5 kasus pembunuhan tingkat satu usai menabrakkan mobilnya ke pengunjung parade Natal di Wisconsin, AS pada Minggu (21/11).

WowKeren - Insiden mengejutkan terjadi di Parade Natal di Waukesha, Wisconsin, Amerika Serikat pada Minggu (21/11) waktu setempat. Sebuah mobil berjenis SUV berwarna merah tiba-tiba menerjang kerumunan pengunjung parade, menyebabkan lima orang meninggal dunia dan melukai puluhan lainnya.

Polisi bergerak cepat menahan seorang tersangka dalam peristiwa ini. Adalah Darrel Brooks (39) yang diamankan dan kini dihadapkan dengan tuduhan 5 kasus pembunuhan derajat satu oleh Kepolisian Waukesha.

Penangkapan Brooks nyatanya kemudian membuka fakta baru. Rupanya Brooks memiliki sejarah panjang kriminal dan baru dilepaskan dari penjara pada 11 November 2021 lalu.

Brooks menerima dakwaan terakhirnya pada 5 November 2021, terkait kasus kekerasan domestik serta menghalangi polisi menyelidiki kasusnya. Bahkan pada Minggu (21/11) pagi, Kepolisian Waukesha ternyata menerima aduan atas dugaan kekerasan rumah tangga menggunakan pisau yang melibatkan Brooks, namun kepolisian tidak bisa menanggapi karena sibuk dengan parade.


"Apakah benar ada keluhan awal menggunakan pisau? Ya. Apakah kami tahu itu fakta di lapangan? Kami tidak tahu," ujar Kepala Kepolisian Waukesha, Daniel Thompson, merujuk pada polisi yang tidak bisa mendatangi pelapor pada Minggu pagi.

Sedangkan terkait kasus yang menjeratnya pada 5 November, Brooks akhirnya bisa bebas enam hari kemudian pasca menyerahkan uang senilai USD1.000. Belakangan uang jaminan bebas bersyarat ini dikritik oleh Kantor Kejaksaan Distrik Milwaukee yang menyebut angkanya terlalu rendah untuk sifat dari dakwaan yang menjerat Brooks.

Penyelidikan atas Brooks yang merupakan warga Milwaukee ini menyatakan tidak ada satu pun pengunjung parade yang dikenalnya. Kendati demikian, polisi juga mengidentifikasi bahwa Brooks sengaja melajukan mobilnya untuk menabrak kerumunan pengunjung parade tersebut.

"Dia mengemudi tepat melewati barikade dan petugas polisi," tutur Thompson, sekaligus menegaskan tidak ada indikasi kasus terorisme di peristiwa ini. Sedangkan Jaksa Distrik Waukesha, Sue Opper, menegaskan bahwa tersangka Brooks bekerja sendirian.

Di sisi lain, kejahatan yang dilakukan Brooks menewaskan lima orang, dengan kebanyakan di antaranya adalah warga lanjut usia. Anak-anak pun turut menjadi korban dalam peristiwa ini.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts