Susul Beijing, Korea Selatan Luncurkan Layanan Kendaraan Otomatis Tanpa Sopir
AFP
Dunia

Dalam proyek peluncuran itu ada percontohan tiga sedan self-driving untuk digunakan di lingkungan barat Sangam-dong. Pemerintah akan menambah armada dengan tiga kendaraan lagi.

WowKeren - Ibu Kota Korea Selatan Seoul pada Senin (29/11) telah meluncurkan layanan mobil tanpa pengemudi komersial. Ini merupakan langkah pertama dalam rencana ambisius untuk membawa kendaraan otonom ke dalam kehidupan sehari-hari dalam lima tahun ke depan. Upacara peluncuran itu dipimpin oleh Walikota Seoul Oh Se-hoon.

"Mengemudi secara otonom bukan lagi teknologi masa depan," kata Oh. "Itu sudah ada di sini bersama kami. Hari ini, kendaraan swakemudi umum sudah mulai melayani warga kami."

Dalam proyek peluncuran itu ada percontohan tiga sedan self-driving untuk digunakan di lingkungan barat Sangam-dong. Ketiga mobil tersebut akan membawa penumpang pada sepasang rute dengan luas sekitar 2,3 mil persegi, meliputi stasiun kereta bawah tanah yang sibuk, kompleks apartemen dan gedung perkantoran.

Pemerintah kota mengatakan akan menambah armada dengan tiga kendaraan lagi, termasuk bus, pada akhir Desember. Penumpang bisa memanfaatkan layanan ini secara gratis selama sebulan pertama layanan ini dibuka.


Untuk bisa menggunakannya, pelanggan dapat memesannya lewat aplikasi khusus. Saat ini, berapa tarifnya masih belum ditetapkan. Namun yang jelas, pengenaan tarif akan mulai dilakukan pada Januari mendatang.

Para pejabat mengatakan akan dikenakan biaya tidak lebih dari 1 dolar AS untuk bus dan 2,50 dolar untuk naik mobil. Kendaraan tersebut dioperasikan oleh dua perusahaan swasta di bawah lisensi dari pemerintah kota.

Seoul berencana untuk mulai memperluas layanan ke bagian lain kota, membawa taksi robot yang sepenuhnya otomatis ke Gangnam pada awal tahun 2022 dan menjalankan bus tanpa pengemudi di pusat kota pada bulan April. Pada tahun 2026, Seoul akan memiliki lebih dari 300 kendaraan otonom di jalan, dengan biaya 125 juta dolar, kata kantor walikota dalam sebuah rilis.

Sementara itu, Beijing belum lama ini juga telah menyetujui layanan taksi tanpa sopir untuk beroperasi secara komersial. Kebijakan ini membawa puluhan taksi robot atau lebih dikenal dengan robotaxi ke jalan-jalan yang ada di ibu kota Tiongkok.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts