Presiden Jokowi Tiba di Lumajang, Tinjau Pengungsi Erupsi Gunung Semeru
Twitter/jokowi
Nasional

Seperti yang diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk meninjau korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Selain itu, Kapolri juga memerintahkan jajarannya untuk membantu mitigasi bencana.

WowKeren - Presiden Joko Widodo diketahui telah tiba di Lumajang, Jawa Timur pada Selasa (7/12) hari ini. Adapun tujuan dari kunjungan Jokowi ke Lumajang ini untuk meninjau daerah terdampak erupsi Gunung Semeru.

Jokowi beserta rombongan diketahui menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU, dan tiba di Helipad Stadion Srikandi, Kecamatan Tempeh, Lumajang. Adapun penerbangan ini berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo selama 30 menit.

Setibanya di Lumajang, Jokowi disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jatim Irjen Polisi Nico Afinta. Setelah itu, Jokowi diagendakan untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Dalam kunjungan kerja di Lumajang, Jokowi didampingi oleh beberapa menteri dan staf Istana. Adapun di antaranya adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.


Sebelumnya, Heru menuturkan bahwa Jokowi akan meninjau lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Semeru. Kemudian, juga meninjau rumah sakit yang tengah merawat korban luka akibat terkena panas erupsi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo telah melihat langsung kondisi korban erupsi Gunung Semeru yang dirawat di RSUD Pasirian, Lumajang. Mereka lantas berinteraksi dan mendengar langsung proses penanganan dan perawatan dari tim dokter.

Setelah itu, Listyo menoginstruksikan kepada jajarannya untuk memberikan perhatian khusu kepada warga lanjut usia (lansia), ibu hamil, dan anak-anak yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Semeru. Ia lantas menekankan agar seluruh jajarannya harus menjamin keselamatan dan kesehatan warga yang menjadi korban.

Menurut Listyo, dengan hadirnya personel beserta seluruh sarana-prasarana yang dimiliki Polri akan bisa membantu meringankan beban para masyarakat yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru. Ia lantas memastikan bahwa TNI-Polri bersama dengan pemda dan kementerian terkait terus memberikan upaya terbaik untuk melakukan mitigasi bencana.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru