Viral Kasus Novia Widyasari, Najwa Shihab Ikut Beri Kritik Soal Penggunaan Kata Oknum
Instagram/najwashihab
Selebriti

Belakangan ini publik ramai memperbincangkan soal kasus bunuh diri yang dilakukan oleh Novia Widyasari. Lantas kini Najwa Shihab pun buka suara untuk membahas soal istilah oknum.

WowKeren - Belum lama ini Najwa Shihab berhasil menyita perhatian netizen lantaran membagikan ulang cuitan akun Twitter @zenrs terkait kata oknum yang belakangan marak digunakan. Terlebih lagi kata tersebut juga banyak digunakan dalam pemberitaan soal Randy Bagus yang tersangkut kasus meninggalnya Novia Widyasari.

Untuk setiap aib yang tidak mungkin diakui, bahasa Indonesia menyediakan jalan ke luar yang menyebalkan: oknum,” demikian cuitan akun Twitter @zenrs. Najwa kemudian membeberkan berbagi perspektif mengapa kata oknum yang viral belakangan ini tak membuatnya nyaman.

"Demi #NamaBaikKampus, atau nama-nama institusi lainnya (you name it), sangat mudah oknum dikambinghitamkan untuk hal-ihwal yang sebenarnya bersifat struktural. Jika situasinya sudah sistemik, niscaya akan muncul pengulangan2, sehingga lama-lama peng-oknum-an pasti tak memadai lagi untuk menjaga nama baik institusi mana pun," tulis Najwa mengawali ulasan pada unggahannya.


Putri cendikiawan Muslim Quraish Shihab melanjutkan, kata oknum yang belakangan ini viral, sebenarnya praktik mengakui sekaligus menyangkal suatu perkara dalam konteks negatif. "Jika dibahasakan dalam sebuah kalimat, kira-kira hasilnya begini: "Memang ada yang salah [mengakui], tapi itu cuma secuil saja [penyangkalan], itu tidak menggambarkan kami yang sebetulnya."," paparnya.

Najwa tidak secara spesifik mengaitkan kata oknum dengan citra institusi universitas tertentu. Menurutnya, keadaan yang sedang tidak baik-baik saja akan makin memburuk bila terus ditutup-tutupi.

"Untuk memperbaiki keadaan dibutuhkan kesadaran, juga pengakuan, bahwa kondisinya memang tidak baik-baik saja. Musykil terjadi perbaikan serius jika kondisi yang tidak baik-baik saja malah ditutup-tutupi. Semakin gigih usaha menutup-nutupi, kita akan makin jauh dari jalan terang perbaikan," pungkasnya.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait