Korban Jiwa Erupsi Gunung Semeru Bertambah Jadi 48 Orang, Pengungsi Capai 9.997 Jiwa
Nasional
Erupsi Semeru

Posko Penanganan Bencana Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru tidak hanya memberikan pelayanan dasar kepada warga terdampak. Mereka juga memperhatikan kesehatan hewan, khususnya hewan milik warga.

WowKeren - Korban jiwa erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, masih terus bertambah. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin (13/12) mencatat jumlah korban meninggal bertambah menjadi 48 orang.

"Dengan penemuan itu, maka korban jiwa yang tercatat per Senin (13/12), menjadi 48 orang," tutur Plt Kapusdatin BNPB, Abdul Muhari, Selasa (14/12).

Selain itu, ada 2.004 orang yang mengalami luka dan tengah menjalani rawat jalan. Ribuan korban luka tersebut tersebar di puskesmas dan posko kesehatan.

"Sementara itu data jumlah korban kumulatif yang dilakukan rawat jalan di puskesmas dan posko kesehatan berjumlah 2.004 jiwa," paparnya.

Tak hanya itu, tercatat ada 30 orang masih menjalani perawatan di empat rumah sakit. 18 orang di antaranya merupakan korban yang terdampak langsung awan panas.


"Dirawat di RS dr Haryoto (RSDH) sebanyak 12 orang, RS Pasirian (RSP) dua orang, RS Bhayangkara (RSB) tiga orang, dan dirujuk ke RS Tersier sebanyak satu orang," ungkap Abdul. "Rawat inap ada 12 orang dengan rincian empat orang di RS Penanggal, tujuh orang di RSP, dan satu orang di RSDH."

Sementara itu, jumlah pengungsi erupsi Semeru kini mencapai 9.997 orang yang tersebar di ratusan titik. Antara lain 9.754 jiwa di 141 titik pengungsian di Kabupaten Lumajang, 179 jiwa di dua titik pengungsian di Kabupaten Malang, 11 jiwa di satu titik pengungsian di Kabupaten Probolinggo, 20 jiwa di satu titik pengungsian di Kabupaten Blitar, dan 13 jiwa di tiga titik pengungsian di Kabupaten Jember.

Di sisi lain, Posko Penanganan Bencana Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru tidak hanya memberikan pelayanan dasar kepada warga terdampak. Mereka juga memperhatikan kesehatan hewan, khususnya hewan milik warga.

Posko tersebut memiliki tiga pos untuk pendistribusian pakan ternak dan pelayanan kesehatan (keswan) di bawah koordinasi Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang. Selain pakan ternak, pos tersebut juga menyediakan pakan kucing.

Hingga Minggu (12/12) pukul 18.00 WIB, tercatat ada 764 ekor sapi, 684 ekor kambing, dan 1.578 ekor unggas yang terdampak erupsi Semeru. Petugas terus mendata hewan terdampak milik warga yang terdampak material vulkanik saat Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4/12) lalu.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts