Ma'ruf Amin Sebut RI Harus Beri Contoh Atasi Perubahan Iklim dan Soal Kemiskinan di Presidensi G20
Instagram/kyai_marufamin
Nasional

Seperti yang diketahui, Indonesia telah terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Presidensi G20 pada tahun depan. Menjelang pelaksanaan Presiden G20, Wapres memberikan pesan.

WowKeren - Tidak lama lagi, pelaksanaan Presidensi G20 di Indonesia akan diselenggarakan pada tahun 2022. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pun lantas berbicara mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan Indonesia.

Ma'ruf mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Presidensi G20 nanti, Indonesia harus memberikan contoh dalam mengatasi perubahan iklim. Tidak hanya itu, ia juga mengatakan penanganan masalah pengentasan kemiskinan hingga Sustainable Development Goals (SDGs) perlu diperhatikan.

"Dalam rangka Presidensi Indonesia di G20, Indonesia harus dapat memberikan contoh dalam bekerja sama mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan dengan tindakan nyata," tutur Ma'ruf dalam acara "Penganugerahan Penghargaan PROPER Tahun 2021" di Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (28/12).

Lebih lanjut, Ma'ruf meminta adanya peran aktif dari dunia usaha untuk ikut mengatasi masalah perubahan iklim. Menurutnya, hal ini dimaksudkan agar pelaku industri ikut serta mengurangi dampak buruk perubahan iklim.


"Salah satunya adalah agar pelaku industri turut berpartisipasi dalam rencana target Indonesia FOLU (Forestry and Other Land Use) Net Sink 2030 untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim," papar Ma'ruf.

Ma'ruf mengungkapkan bahwa saat ini, Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca. Selain itu, Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung target dalam mencapai Net-Zero Emission pada tahun 2060.

Sebelumnya, pada awal Desember 2021, Presiden Joko Widodo menyampaikan tema Presidensi G20 di Indonesia adalah "Recover Together". Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa melalui fokus tema tersebut, terdapat tiga hal yang menjadi fokus utama.

Adapun 3 fokus utama dalam Presidensi G20 di Indonesia yang disampaikan oleh Jokowi adalah penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

Sementara itu, rangkaian acara Presidensi G20 di Indonesia juga telah dimulai. Pada 9 Desember 2021 lalu, telah digelar Pertemuan Pertama Tingkat Deputi Keuangan dan Bank Sentral (finance track). Pertemuan tersebut digelar di Bali Nusa Dua Convention Center.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru