Pasien Transmisi Lokal Omicron Sempat Kunjungi Mal di SCBD, Puluhan Pegawai Restoran Dites PCR
AFP
Nasional
Mutasi Corona Masuk Indonesia

Pasien tersebut merupakan seorang berusia 37 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri ataupun kontak dengan pelaku perjalanan internasional. Ia diketahui tinggal di Medan dan pergi ke Jakarta sebulan sekali.

WowKeren - Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi satu kasus transmisi lokal COVID-19 Varian Omicron. Pasien tersebut merupakan seorang berusia 37 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri ataupun kontak dengan pelaku perjalanan internasional.

Pria tersebut diketahui tinggal di Medan bersama istrinya dan datang ke Jakarta sebulan sekali. Ia dilaporkan tiba di Jakarta pada 6 Desember 2021 dan sempat mengunjungi Mall Astha District 8 SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 17 Desember 2021.

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan lantas melakukan tes swab PCR terhadap 30 pegawai restoran di kawasan SCBD menyusul temuan pasien transmisi lokal Omicron tersebut. "Kita sudah lakukan itu juga tracing. Ada 30 pegawai (restoran) kita PCR," tutur M Helmi selaku Kepala Suku Dinas Kesehatan Jaksel dilansir Kompas.com, Selasa (28/12).

Meski demikian, Helmi belum bisa mengungkapkan hasil tes PCR puluhan pegawai restoran tersebut. Mengingat hasil tes PCR baru akan keluar beberapa hari setelahnya.



"Belum tahu hasilnya. Kalau hasil tes antigen kan cepat, tapi PCR tidak bisa, butuh waktu," jelasnya.

Di sisi lain, pasien Omicron tersebut dinyatakan positif COVID-19 usai melakukan tes PCR pada 20 Desember 2021 lalu. Ia kemudian dipastikan terpapar Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan WGS pada 26 Desember 2021 lalu dan kini tengah diisolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Transmisi lokal yang ditemukan di Ibu Kota ini sebelumnya telah ditanggapi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies berjanji bahwa Pemprov DKI Jakarta akan bekerja cepat mengatasi penyebaran COVID-19, terutama Varian Omicron.

Anies menyatakan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan langsung melaporkan temuan kasus baru varian Omicron ke pemerintah pusat agar segera ditindak. Sejauh ini, menurut Anies, baru satu orang yang terpapar transmisi lokal COVID-19 Omicron di Jakarta dan sedang menjalani perawatan.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts