Australia Kehabisan Alat Uji Antigen, Pemerintah Saling Berebut Amankan Pasokan
Flickr/dronepicr
Dunia

Alat uji antigen dengan cepat terjual habis baik di apotek maupun supermarket Australia hingga menyebabkan pemerintah saling berebut pasokan. Fenomena ini memicu kekhawatiran.

WowKeren - Sejumlah negara di dunia telah mencatat lonjakan kasus omicron menjelang akhir tahun. Tak terkecuali Australia, yang tengah mempromosikan Rapid Antigen Test (RAT) sebagai langkah menengah untuk mendeteksi infeksi pada warganya sebelum tes PCR.

Sebagaimana diketahui, RAT telah tersedia di AS, Eropa, dan sebagian Asia sejak Maret tahun ini ketika Australia lebih mengandalkan tes PCR yang lebih mahal sebagai landasan programnya. Namun, ketika jumlah kasus melonjak dan sistem berada di bawah tekanan, pemerintah negara bagian dan federal telah berusaha untuk mempromosikan RAT.

Alhasil, alat RAT pun dengan cepat terjual habis baik di apotek maupun supermarket Australia hingga menyebabkan pemerintah saling berebut pasokan. Fenomena ini memicu kekhawatiran akan kurangnya pasokan alat uji.

Seorang jurnalis game dari Melbourne Jini Maxwell mengatakan meskipun mereka dapat dengan mudah mendapatkan tes satu setengah minggu yang lalu, namun sejak Natal hal itu perlu didapatkan dengan perjuangan. Ketika ia akhirnya menemukan ahli kimia yang memiliki alat RAT pada hari Kamis (30/12), rak-raknya kosong pada saat mereka tiba dan mereka diminta untuk kembali satu jam kemudian.


"Saya pikir itu merupakan kegagalan besar lainnya dari pemerintah federal," ujarnya. "Untuk menyediakan kebutuhan yang memadai bagi rakyat Australia selama pandemi dua tahun."

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil presiden Asosiasi Medis Australia, Dr Chris Moy. "Pemerintah harus memastikan bahwa, jika mereka akan mengandalkan sistem swasta, sistem swasta didukung sehingga tidak ada kegagalan pasar ketika kita benar-benar membutuhkannya," tegasnya.

Sementara itu, Perdana menteri Scott Morrison berusaha meyakinkan warga Australia pada Rabu (29/12) bahwa RAT berbeda dengan vaksin. Ada lebih banyak produsen di seluruh dunia dan pemerintah telah bekerja untuk mengamankan pasokan.

Presiden nasional Pharmacy Guild of Australia, Trent Twomey, mengatakan meskipun puluhan juta alat RAT sedang dikirim ke Australia, itu mungkin tidak akan tersedia sampai akhir Januari. Karena pesanan massal ini akan membutuhkan waktu untuk dipenuhi, Morrison mengatakan sektor swasta akan mengisi kesenjangan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait