Masker Kain Disebut Tak Efektif Lindungi dari Omicron, Menkes Thailand Bantah Begini
pixabay.com/Ilustrasi/congerdesign
Dunia

Banyak jenis kain telah diuji di departemen Ilmu Kedokteran dan Layanan Kesehatan, namun hanya kain muslin yang menempati tingkat teratas dalam memberikan perlindungan.

WowKeren - Kementerian Kesehatan Thailand baru-baru ini menegaskan bahwa masker kain dapat tetap memberikan perlindungan terhadap COVID-19 varian omicron terhadap penggunanya. Dr Supakit Sirilak menyatakan perlindungan itu bisa didapatkan jika masker dipakai dengan benar.

Adapun pernyataan ini menanggapi pernyataan dari Pusat Informasi COVID-19 yang mengutip data dari Dr Leana Wen di Milken Institute School of Public Health di George Washington University. Wen mengatakan bahwa masker kain sama sekali tidak berguna melawan varian yang sangat menular.

Wen, yang adalah seorang dokter medis dan profesor kebijakan dan manajemen kesehatan di universitas tersebut, merekomendasikan agar orang-orang memakai masker wajah medis 3 lapis sebagai gantinya.

Namun Kementerian Kesehatan Thailand tidak sepakat dengan pandangan itu. Menurut laporan Thai PBS World, Supakit mengatakan masker kain dapat melindungi dari varian yang sangat menular, asalkan dipakai dengan benar dan terbuat dari kain muslin.


Kesimpulan semacam itu didapat dari pengujian yang telah dilakukan. Dia mengatakan banyak jenis kain telah diuji di departemen Ilmu Kedokteran dan Layanan Kesehatan, namun hanya kain muslin yang menempati tingkat teratas dalam memberikan perlindungan.

Bukan tanpa alasan, kain muslin dapat mencegah droplet untuk melewati lapisannya. Selain itu, masker juga dapat digunakan kembali.

"Omicron (varian) tidak lebih kecil dari varian lain dan tidak hanya menggantung di udara," jelasnya. "Ini dipancarkan dalam batuk dan bersin dalam bentuk droplet, dengan ukuran antara 5 – 6 mikron."

Namun tentu saja, agar afektif, ia mencontohkan masker kain harus dipakai dengan benar dan menutupi hidung dan mulut. Sementara itu di Thailand sendiri, masih berlaku aturan untuk memakai masker saat berada di tempat umum setiap saat.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait