Qatar Masuki Gelombang Ketiga COVID-19, Dipicu Lonjakan Kasus Omicron
Dunia

Banyak negara di dunia yang saat ini mengalami kenaikan kasus COVID-19 akibat dari menyebarnya varian Omicron. Adapun negara tersebut di antaranya adalah Qatar.

WowKeren - Pandemi COVID-19 hingga saat ini masih terus menyerang negara-negara di dunia. Bahkan tidak sedikit negara yang juga mengalami lonjakan kasus COVID-19, ataupun memasuki gelombang baru.

Seperti yang terjadi di Qatar yang diketahui mulai memasuki gelombang ketiga COVID-19. Hal ini dipicu oleh adanya kasus COVID-19 varian Omicron.

Melansir Al Jazeera, Dr Soha al-Bayat selaku Kepala Vaksinasi di Kementerian Kesehatan Masyarakat (MoPH), mengatakan bahwa "sebagian besar kasus COVID-19 baru terkait dengan varian Omicron". Hal ini disampaikannya dalam sebuah wawancara televisi pada Minggu (2/1).

Selain itu, Dr Soha al-Bayat menambahkan bahwa kasus COVID-19 juga telah meningkat di Qatar sejak November lalu, tetapi lonjakan signifikan baru terlihat dalam dua minggu terakhir. "Menurut informasi utama yang tersedia, Omicron adalah penyebar cepat tetapi gejalanya ringan atau sedang tanpa komplikasi serius," tutur al-Bayat dalam Qatar TV.


Sementara itu, Qatar diketahui telah melaporkan lebih dari 252 ribu kasus COVID-19. Dari kasus tersebut, 618 di antaranya merupakan kasus kematian sejak awal pandemi COVID-19 berlangsung.

Masih melansir Al-Jazeera, al-Bayat menuturkan bahwa hal tersebut juga telah memberikan lebih dari 5 juta dosis vaksin COVID-19, dan kini tengah meluncurkan kampanye pelaksanaan booster yang telah dimulai pada akhir tahun lalu.

"Sebagian besar kasus yang dilaporkan baru-baru ini berada dalam dua kelompok: mereka yang tidak menerima vaksinasi, termasuk anak-anak, dan mereka yang menggunakan dua dosis lebih dari 6 bulan yang lalu," ungkap al-Bayat.

Di sisi lain, Qatar akan menjadi tuan ruamah Piala Dunia sepak bola yang rencananya akan digelar pada akhir tahun 2022. Hal ini juga menjadi pertama kalinya gelaran Piala Dunia dilaksanakan di negara Timur Tengah.

Menjelang pelaksanaan Piala Dunia 2022, Qatar diketahui juga akan menyelenggarakan beberapa acara olahraga lainnya, termasuk GP Formula 1 perdananya dan Piala Arab FIFA yang telah berakhir pada 18 Desember 2021 lalu. Tentunya, penonton yang boleh menyaksikan pertandingan sepak bola itu nantinya hanya yang telah divaksinasi COVID-19 lengkap.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait