Ramai Aplikasi Lelang Online Wanita Muslim Bikin Resah, Polisi India Turun Tangan
Dunia

Dalam aplikasi yang disebut 'Bulli Bai', istilah yang menghina untuk menggambarkan wanita Muslim, terpampang foto lebih dari 100 wanita. Polisi pun segera turun tangan.

WowKeren - Sebuah aplikasi online di India baru-baru ini memicu keresahan warga. Betapa tidak, aplikasi online itu membagikan gambar wanita Muslim untuk "dilelang".

Ini adalah contoh kasus lain dari kebencian terhadap kaum minoritas di sana. Sejumlah wanita Muslim di India dalam beberapa hari belakangan mengeluhkan bahwa foto mereka telah digunakan tanpa persetujuan, untuk membuat aplikasi sumber terbuka di platform pengembangan perangkat lunak terbuka milik Microsoft, GitHub.

Dalam aplikasi yang disebut "Bulli Bai", istilah yang menghina untuk menggambarkan wanita Muslim, terpampang foto lebih dari 100 wanita. Polisi pun segera turun tangan untuk menyikapi fenomena ini.

Kantor berita Press Trust of India melaporkan bahwa pada Rabu (5/1) divisi kejahatan dunia maya Kepolisian Mumbai telah menangkap Mayank Rawal (21 tahun) yang berasal dari negara bagian Uttarakhand. Sebelumnya, sudah ada orang yang ditangkap oleh pihak berwajib.


Ia adalah Vishal Kumar, seorang mahasiswa teknik berusia 21 tahun yang ditangkap di pusat teknologi selatan Bengaluru pada hari Senin (3/1). Lalu pada Selasa (4/1), seorang wanita yang diduga berkaitan dengan tindak kejahatan itu juga diamankan.

Shweta Singh, seorang wanita berusia 19 tahun yang dicurigai sebagai tersangka utama dalam kasus tersebut, ditangkap dari Uttarakhand. Polisi bertindak setelah mendapat laporan dari Ismat Ara pada Minggu (2/1).

Ia adalah seorang jurnalis yang berbasis di New Delhi, yang juga ditargetkan oleh aplikasi itu untuk "pelelangan" online. Ia menilai bahwa upaya itu bersifat melecehkan wanita Muslim.

"GitHub tersebut berisi kekerasan, mengancam dan bermaksud untuk menciptakan rasa takut dan malu di benak saya," kata Ara di media sosialnya. "Serta di benak wanita pada umumnya, dan komunitas Muslim yang wanitanya menjadi sasaran dengan cara yang penuh kebencian ini."

Menteri Teknologi Informasi India Ashwini Vaishnaw memastikan bahwa pengguna pembuat aplikasi Bulli Bai telah diblokir oleh GitHub. Aplikasi ini muncul 6 bulan setelah aplikasi serupa yang disebut "Sulli Deals" menjual hampir 80 wanita Muslim India.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait