WHO Tetap Puji Persiapan Tiongkok Jelang Olimpiade Beijing Meski Ada Omicron dan 'Panen' Boikot
AP Photo/Mark Schiefelbein
Dunia

WHO menilai Tiongkok sudah sangat siap untuk menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin di Beijing secara aman meski di tengah wabah COVID-19 varian Omicron.

WowKeren - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melempar pujian untuk panitia yang mempersiapkan Olimpiade Beijing. Lebih spesifik mereka menyoroti Tiongkok yang memastikan keamanan serta kesehatan untuk semua pekerja esensial serta atlet yang terlibat di Olimpiade Beijing.

Pujian WHO ini bak "angin segar" setelah Tiongkok berkali-kali mendapat serangan berupa boikot diplomatik. Pujian ini pun disampaikan ketika Tiongkok tengah berjuang mengendalikan penyebaran wabah COVID-19 akibat varian Omicron.

Kendati demikian, Direktur Program Kedaruratan WHO, Michael Ryan, menegaskan bahwa pihaknya akan terus memantau situasi yang ada. "(Walaupun) Otoritas Tiongkok mempunyai pembatasan yang sangat ketat di lokasi dan bahkan mereka sudah merilis sejumlah seri buku panduan," kata Ryan dalam konferensi pers, Kamis (6/1).

Edisi kedua dari buku panduan ini dirilis pada Desember 2021 dengan sejumlah pembaruan, termasuk detail implementasi sistem alur tertutup khusus. Lewat skema ini maka personel terkait Olimpiade Beijing yang sudah divaksinasi penuh bisa masuk Tiongkok tanpa harus menjalani kewajiban karantina 21 hari.


Informasi lain yang dirangkum di buku termasuk vaksinasi, kebutuhan di imigrasi, serta pemantauan dan isolasi kesehatan untuk ofisial dan semua partisipan selama permainan berlangsung. Panduan juga mengatur soal finalisasi rencana mereka terkait perjalanan dari dan ke Tiongkok.

"Kami terus mengulas buku-buku panduan tersebut dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC)," tutur Ryan. "Saya yakin dengan informasi yang dicantumkan di sana, serta pembatasan yang berlaku sepanjang permainan sangat ketat dan kuat, di titik ini, kami tidak melihat kenaikan risiko penularan penyakit."

Ryan juga sangat percaya diri Tiongkok siap menggelar Olimpiade Musim Dingin yang aman. "Tentu di titik ini, dengan semua peraturan yang sudah dibuat untuk atlet oleh panitia, kami tidak melihat ada risiko ekstra untuk penyelenggaraan turnamen," jelas Ryan, dikutip dari CGTN, Jumat (7/1).

Direktur Eksekutif Olimpiade IOC, Christophe Dubi, juga menyampaikan kepercayaan diri yang sama, termasuk untuk sistem alur tertutup baru yang diterapkan. "Lokasi turnamennya sudah siap dan terlihat sangat menakjubkan. Sekarang mereka benar-benar terlihat untuk turnamen dan itu sangat sempurna," puji Dubi.

Sedangkan Presiden IOC Thomas Bach menegaskan bahwa seluruh pedoman yang disiapkan harus dipatuhi sembari setiap pihak selalu meningkatkan kewaspadaan. "Kita harus melakukan segalanya demi memastikan impian atlet Olimpiade tidak hilang beberapa hari sebelum keberangkatan. Buku pedoman itu bukan hanya peraturan tetapi cara hidup," pungkas Bach menekankan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait