Birthday Spotlight: Happy Jisoo Day
Selebriti

Salah satu member BLACKPINK, Jisoo, berulang tahun pada 3 Januari kemarin. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi cantik dengan nama lengkap Kim Jisoo ini.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member BLACKPINK (Black Pink), Jisoo yang berulang tahun pada 3 Januari kemarin. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi cantik dengan nama lengkap Kim Jisoo ini.

Kim Jisoo atau yang lebih dikenal dengan nama Jisoo, adalah penyanyi sekaligus aktris pendatang Korea Selatan. Dia memulai debutnya sebagai anggota girl grup BLACKPINK pada Agustus 2016 di bawah naungan YG Entertainment.

Jisoo lahir di Gunpo, Priovinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 3 Januari 1995, dan memiliki kakak laki-laki dan perempuan. Sebagai seorang anak, dia bermain basket dan menghadiri kelas taekwondo. Dia juga penggemar TVXQ. Jisoo bersekolah di sekolah menengah di School of Performing Arts Seoul. Di kelas 11, dia memulai klub drama di sekolahnya dan menerima pengalaman yang lebih besar melalui audisi.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Pada 2011, Jisoo bergabung dengan YG Entertainment melalui audisi sebagai trainee. Pada 2015, ia membuat penampilan cameo dalam drama KBS2 "The Producers" dengan Sandara Park eks 2NE1 dan Kang Seung Yoon WINNER (II) dan tampil dalam beberapa iklan, termasuk untuk Samsonite, Smart Uniform, LG Electronics, dan Nikon.

2. Debut


Debut

Jisoo memulai debutnya sebagai salah satu dari empat anggota BLACKPINK pada 8 Agustus 2016, bersama Jennie, Rose dan Lisa, dengan merilis album single mereka yang bertajuk "Square One". Jisoo adalah member tertua BLACKPINK.

2017 hingga 2018, Jisoo bergabung dengan "Inkigayo" sebagai MC bersama Jinyoung GOT7 dan Doyoung NCT. Dia berkelana ke dunia akting pada tahun 2019 dengan penampilan cameo pendek di drama fantasi tvN "Arthdal Chronicles". Pada 18 Agustus 2020 YG Entertainment mengkonfirmasi Jisoo akan membintangi peran tetap pertamanya sebagai aktris utama dalam drama JTBC "Snowdrop" bersama aktor Jung Hae In. Khususnya, melalui album studio berbahasa Korea pertama BLACKPINK, "The Album", Jisoo ikut menulis single utama mereka, "Lovesick Girls".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Jisoo menduduki peringkat ke-10 idol K-pop paling populer pada tahun 2018 dan ke-17 pada tahun 2019 dalam survei tahunan yang dilakukan oleh Gallup Korea. Pada tahun 2019, ia menduduki peringkat sebagai idol K-pop wanita paling populer keenam dalam survei tentara yang melakukan wajib militer di Korea Selatan. Pada Februari 2021, dia adalah idola K-pop ketiga yang paling banyak diikuti di Instagram, bersama dengan Rosé. Pada tahun 2019 ia terpilih sebagai bagian dari BoF 500, "indeks profesional definitif" dari orang-orang yang membentuk industri mode senilai $2,4 triliun.

Jisoo termasuk dalam peringkat sepuluh besar selebriti dan influencer terkemuka dunia kosmetik selama lima bulan pertama tahun 2020. Women's Wear Daily, sebuah jurnal perdagangan industri fashion, mengungkapkan bahwa Jisoo memimpin peringkat rata-rata keterlibatan per posting, diikuti oleh Rihanna dan Kylie Jenner. Dia menempatkan 7 di peringkat keseluruhan, dengan posting paling sedikit – hanya 12 secara total. Dia adalah satu-satunya orang Asia Timur yang dimasukkan dalam daftar tersebut.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada tahun 2020, peningkatan penjualan Dior selama pandemi COVID-19 di Korea Selatan juga dikaitkan dengan kampanye pemasarannya yang memanfaatkan banyak penyanyi pop Korea termasuk Jisoo. Dia ditampilkan dalam kesuksesan peluncuran tas Bobby baru Dior, sebuah kampanye yang menampilkan influencer terkemuka lainnya seperti Chiara Ferragni dan Kat Graham. Aktris Liza Soberano juga dikutip untuk mendapatkan inspirasi tampilan fesyen dengan syal Oblique Dior setelah Jisoo tampil dalam kampanye Dior's Fall/Winter 2020. Pada pameran koleksi Musim Semi/Musim Panas 2021 Dior, Jisoo menjadi topik hangat di acara digital sebagai perwakilan Korea. Pengaruhnya pada showcase telah membuat Dior mendapat peringkat tertinggi dengan rata-rata 33% MIV® sejak pertunjukan Musim Gugur 2020 lalu.

Pada Maret 2021, Maria Grazia Chiuri mengungkapkan bahwa koleksi Dior Autumn/Winter 2021 terinspirasi oleh Jisoo. Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu dari sepuluh warna Dior Addict Lip Glow, #025 Seoul Scarlet, terinspirasi oleh wanita Korea seperti Jisoo. Kehadirannya di pameran koleksi Dior Spring/Summer 2022 menghasilkan buzz tidak hanya di dalam pertunjukan tetapi juga di luar Jardin des Tuileries. Jisoo juga memiliki posting media sosial dengan nilai tertinggi-dengan hanya dua posting pribadi dan 2.536 media mentions-dengan nilai total $15,7 juta ke rumah mode tersebut selama Paris Fashion Week.

Pada bulan Maret 2021, peringkat aplikasi KartRider Rush+ telah meningkat ke peringkat 11 setelah pengumuman kerjasama desain dengan Jisoo. Kolaborasi yang dia ikuti juga mendapat respons positif yang luar biasa dengan memikat pengguna di seluruh dunia dengan antisipasi yang besar.

5. Kontroversi


Kontroversi

Jisoo merupakan idol dengan kehidupan pribadi yang bersih dan jauh dari skandal. Selama berkarir lebih dari 5 tahun, ia tak pernah ditimpa kontroversi besar dan merusak reputasinya. Namanya pun selalu baik di mata publik.

Namun, Jisoo pernah ditimpa gosip kencan di mana ia dikabarkan menjalin hubungan dengan pesepak bola Son Heung Min usai beredar foto-foto Jisoo saat menonton pertandingannya. Meski begitu, kabar ini segera dibantah oleh kedua pihak dan Jisoo mengaku tak mengenal Son Heung Min secara pribadi.

Selain itu, Jisoo juga menjadi sorotan usai membintangi "Snowdrop" karena drama tersebut dinilai mendistorsi sejarah. Namun, dengan ditayangkannya beberapa episode drama tersebut, tuduhan itu semakin jarang terdengar.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Banyak penggemar mengharapkan album solo Jisoo, mengingat dia satu-satunya member BLACKPINK yang belum debut solo. Meski beberapa waktu lalu beredar rumor tentang hal ini, penggemar nampaknya masih masih bersabar lagi untuk melihat Jisoo debut sebagai solois.

Di tahun ini, Jisoo dipastikan akan aktif sebagai member BLACKPINK di mana girl grup tersebut akan comeback dengan album baru dan mereka telah memberikan hint tentang ini sejak akhir tahun lalu. Apa kalian juga menantikan comeback BLACKPINK? Kita tunggu sama-sama, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru