Ribuan Orang Terjebak dalam Kendaraan di Salju Tebal, 21 Turis di Pakistan Tewas
Dunia

Selama Jumat dan Sabtu, ada sekitar 157.665 kendaraan telah memasuki kota kecil itu. Pejabat setempat mengatakan ada sekitar 400 kendaraan masih terjebak di salju.

WowKeren - Salju tebal telah menjebak ribuan orang yang berada di kendaraan mereka dan menewaskan sedikitnya 21 orang. Pihak berwenang mengatakan mereka telah menyelamatkan semua turis yang terdampar di stasiun bukit utara Murree.

Pasukan militer dan tim pemerintah setempat bekerja sama pada hari Minggu (9/1) untuk membersihkan jalan dari salju setinggi lebih dari 1,2 meter yang turun selama akhir pekan. Salju yang tebal telah menjebak puluhan ribu kendaraan turis yang ingin pergi ke resor bukit yang populer tersebut.

Sebuah pernyataan militer yang dirilis Sabtu (8/1) malam menyatakan bahwa semua kendaraan yang terjebak telah diperiksa. "Semua orang di kendaraan itu dipindahkan ke kamp-kamp bantuan," kata mereka.

Selama Jumat dan Sabtu, ada sekitar 157.665 kendaraan telah memasuki kota kecil itu. Seorang penasihat Kepala Menteri provinsi Usman Buzdar mengatakan dalam sebuah pernyataan ada sekitar 400 kendaraan masih terjebak di salju.


Pihak militer telah memberikan perawatan medis kepada lebih dari 300 turis. Setelah berhasil dibersihkan dari tumpukan salju, beberapa jalan akhirnya dapat dibuka kembali sedangkan sebagian sisanya masih ditutup. Itu disebabkan oleh kondisi es maupun pekerjaan pembersihan yang sedang berlangsung.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan bahkan ikut berkomentar mengenai insiden ini. Dalam komentarnya, ia mengatakan bahwa hujan salju semacam itu belum pernah terjadi sebelumnya.

"Saya terkejut (dan) kesal dengan kematian tragis turis di jalan menuju Murree," kata Khan pada Sabtu. "Hujan salju yang belum pernah terjadi sebelumnya (dan) serbuan (orang) yang datang tanpa memeriksa kondisi cuaca membuat admin distrik tidak siap."

Sontak saja, pernyataannya itu memicu tanda tanya. Wartawan senior Asma Shirazi bertanya, "Jadi itu hanya kesalahan pengunjung? Bagaimana mekanisme untuk memperingatkan orang-orang yang memasuki area ini?"

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait