'The Red Sleeve' Dituding Plagiat Budaya Tiongkok, Netizen Korea Beri Pembelaan
TV
Popularitas The Red Sleeve

Sejumlah netizen Korea Selatan mulai 'pasang badan' usai drama MBC 'The Red Sleeve' dituding memplagiat budaya Tiongkok. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - "The Red Sleeve" yang tayang di MBC bisa dianggap sebagai salah satu drama tersukses tahun 2021. Drama yang dibintangi oleh Junho 2PM dan Lee Se Young ini berhasil menghidupkan kembali pemirsa MBC setelah bertahun-tahun mengalami penurunan.

Dengan popularitasnya, tidak mengherankan jika "The Red Sleeve" juga menjadi terkenal di pasar Tiongkok dan mendapatkan skor tinggi hingga 8,4 di Douban. Sayangnya, baru-baru ini drama tersebut dituduh menjiplak budaya Tiongkok.

Secara khusus, sejumlah netizen Tiongkok mengatakan bahwa pengaturan istana di "The Red Sleeve" identik dengan arsitektur Fujian Tulou, komplek arsitektur rumah masyarakat Hakka yang terletak di tenggara Provinsi Fujian, Tiongkok.

Yang dipermasalahkan netizen adalah kemiripan antara set "The Red Sleeve" dengan gaya arsitektur Fujian Tulou, di mana keduanya memiliki bentuk bulat, persegi dan lonjong yang melingkari halaman tengah.

Netizen Tiongkok bahkan mengatakan bahwa ada adegan di mana pasangan utama "The Red Sleeve" menyatakan perasaan pada satu sama lain menggunakan Puisi Klasik Konfusius yang erat kaitannya dengan Tiongkok.


\'The Red Sleeve\' Dituding Plagiat Budaya Tiongkok, Netizen Beri Pembelaan

Source: Kbizoom

Setelah mendengar tudingan ini, netizen Korea Selatan langsung bersatu padu untuk membela "The Red Sleeve". Banyak yang percaya bahwa dalam film maupun drama, orang Korea tidak mengklaim hal-hal ini sebagai arsitektur mereka sendiri. Karena itulah kemiripan itu tidak bisa dianggap sebagai plagiat.

"Tidak hanya drama ini, Hong Chun Gi juga dituduh plagiat oleh netizen Tiongkok hanya karena menggunakan hanbok kan," ujar seorang netize. "Aku tidak lagi terkejut. Karena orang Tiongkok pernah mengklaim hanbok dan kimchi sebagai miliknya," imbuh netizen yang lain.

"Netizen Tiongkok selalu membuat keributan setiap mereka melihat negara lain mencapai sesuatu," sahut netizen yang lain. "Jadi, semua yang ada di dunia ini milik Tiongkok?" pungkas netizen Korea yang lain.

Sementara itu, "The Red Sleeve" menceritakan tentang kisah cinta Raja Jeongjo dan Selir Seong Ui Bin. Drama ini menerima banyak pujian berkat alur yang menarik hingga chemistry tulus Junho dan Lee Se Young.

(wk/eval)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait