Booster COVID-19 Mulai Hari Ini, Begini Cara Daftar dan Cek Tiket di PeduliLindungi
AP
Nasional
Vaksin COVID-19

Indonesia memulai program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga alias booster pada Rabu (12/1). Pemerintah telah memastikan booster COVID-19 diberikan gratis.

WowKeren - Pelaksanaan booster COVID-19 dimulai pada Rabu (12/1) hari ini. Pemerintah telah menegaskan bahwa vaksinasi dosis penguat tersebut diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga memastikan vaksinasi booster bisa diakses di seluruh fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas dan rumah sakit. Namun untuk pelaksanaannya ternyata memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

Sebagai informasi, booster COVID-19 dibuka untuk seluruh masyarakat di atas 18 tahun dengan prioritas lansia dan pemilik immunocompromized. Apabila masuk dalam kategori prioritas, sebaiknya segera periksa tiket dan jadwal vaksinasi booster di PeduliLindungi.

Ada dua cara mengaksesnya, yakni memakai situs dan aplikasi. Pertama, cukup buka situs PeduliLindungi lalu masukkan nama lengkap, NIK, lalu periksa tiket vaksin booster-nya.


Sedangkan bila menggunakan aplikasi PeduliLindungi, awali dengan membuka aplikasinya lalu masuk dengan akun terdaftar. Lalu klik 'profil' dan pilih 'status vaksinasi dan hasil tes COVID-19'.

Dari situ, akan terlihat status dan jadwal vaksin booster. Sementara untuk cek tiket vaksinnya bisa dilakukan lewat menu 'riwayat dan tiket vaksin'.

Apabila masuk kategori prioritas namun belum mendapat tiket serta jadwal vaksin, bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan atau lokasi penyuntikan booster gratis terdekat. Peserta hanya diminta membawa KTP serta surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Di sisi lain, pelaksanaan vaksinasi booster bulan Januari 2022 menggunakan 3 jenis vaksin, yakni Moderna, AstraZeneca, dan Pfizer. Menkes Budi Gunadi memastikan ketersediaan vaksin mencukupi untuk keperluan program booster.

Mekanismenya, vaksinasi booster dibagi dalam 3 regime menyesuaikan vaksin primer yang diterima. Yang pertama, bila menerima vaksin primer Sinovac, maka bisa mendapat booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca. Sedangkan bila menerima vaksin primer AstraZeneca, maka bisa mendapat booster setengah dosis vaksin Moderna.

(wk/elva)

You can share this post!

Artikel Terkait