Panitia Olimpiade Beijing Tak Akan Lakukan Lockdown Selama Acara Digelar
Dunia
Olimpiade Beijing 2022

Menurut penyelenggara, situasi virus corona untuk saat ini masih terkendali sehingga belum ada seruan yang diperlukan untuk mengunci ibu kota Tiongkok selama acara tersebut.

WowKeren - Tak terasa gelaran olahraga Olimpiade Beijing semakin dekat. Olimpiade yang digelar selama empat tahunan itu, akan dimulai dalam waktu lebih dari tiga minggu, sesuai jadwal.

Sementara itu di lain sisi, kasus COVID-19 masih tinggi di sejumlah belahan dunia. Begitu juga di Tiongkok, sejumlah kasus juga telah dilaporkan. Meski demikian, penyelenggara Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing mengatakan pada Selasa (10/1) bahwa tidak akan ada lockdown COVID-19 selama Olimpiade.

Menurut mereka, situasi virus corona untuk saat ini masih terkendali sehingga belum ada seruan yang diperlukan untuk mengunci ibu kota Tiongkok selama acara tersebut. Kekhawatiran tentang meningkatnya kasus yang dipicu oleh varian omicron telah mendorong beberapa orang untuk menyerukan penguncian di Beijing.

Namun menurut panitia penyelenggara, closed loop bubble sudah cukup. Penyelenggara Huang Chun, yang bertanggung jawab atas upaya pencegahan pandemi, mengatakan bahwa Beijing tidak perlu ditutup untuk Olimpiade bulan depan.



Selain itu, ia menilai bahwa langkah seperti itu tidak mungkin dilakukan untuk saat ini. Pejabat setempat mengatakan bahwa banyak langkah telah diambil untuk membuat Olimpiade aman bagi atlet, staf, dan media berita.

Tiongkok telah menutup "gelembung" untuk staf minggu lalu dan tidak akan dibuka kembali sampai setelah Olimpiade berakhir. Sejumlah pihak prihatin dengan sistem loop tertutup itu yang mungkin rentan terhadap virus corona yang diimpor.

Mereka juga mempertanyakan apakah ada rencana darurat terperinci untuk menahan wabah. Olimpiade Musim Dingin 2022 dijadwalkan berlangsung dari 4 hingga 20 Februari. Paralimpiade dimulai pada bulan Maret.

Pemerintah juga menerapkan aturan yang sangat ketat terkait Olimpiade ini. Polisi Beijing telah memperingatkan penduduk untuk tidak membantu kendaraan yang terlibat Olimpiade Musim Dingin Beijing ketika terjadi kecelakaan.

"Jika terjadi kecelakaan lalu lintas dengan kendaraan khusus untuk Olimpiade Musim Dingin," kata Biro Manajemen Lalu Lintas Beijing dalam sebuah posting di media sosial. "Harap perhatikan untuk menjaga jarak aman."

(wk/zodi)


You can share this post!


Related Posts