Kapolri Minta Anak Buahnya Jaga Kepercayaan Publik dan Sebut Kepolisian Tak Anti Kritik
Instagram/kepalakepolisian_ri
Nasional

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan kepada seluruh jajarannya untuk terus melakukan perbaikan pelayanan publik dan menjaga kepercayaan masyarakat kepada Polri.

WowKeren - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berpesan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk menjaga kepercayaan publik. Ia pun meminta para anak buahnya untuk mencegah terjadinya penyimpangan atau pelanggaran ke depannya.

"Dimana Polri harus hadir dan keberpihakan kepada masyarakat yang selama ini membutuhkan adanya nilai keadilan harus terus ditingkatkan. Khususnya responsif terhadap apa yang menjadi kemauan masyarakat," tutur Listyo dalam rapat analisa dan evaluasi kepada seluruh jajarannya pada Rabu (12/1).

Listyo menekankan kepada seluruh jajarannya untuk terus melakukan perbaikan pelayanan publik dan menjaga kepercayaan masyarakat kepada Polri. Seiring tuntutan zaman, tutur Listyo, kepolisian harus mau mengubah diri melalui transformasi Polri yang presisi.

Lebih lanjut, Listyo menekankan agar seluruh jajarannya bekerja lebih keras lagi dalam meningkatkan kepercayaan publik yang belakangan menurun. Menurut Listyo, polisi bisa turun langsung ke lapangan demi mendengarkan aspirasi masyarakat.

Terutama personel Polri di level pimpinan yang disebutnya tidak boleh sungkan menemui masyarakat secara langsung tanpa memandang status sosial maupun jabatan. Hal tersebut akan menjadi jembatan komunikasi bagi masyarakat yang memiliki persepsi negatif ke Polri.


"Karena Polri betul-betul bisa hadir melaksanakan tugas pokok secara profesional, kita tidak anti kritik dan perbaiki koreksi-koreksi yang diberikan masyarakat dan betul-betul bisa diperbaiki," papar Listyo.

Ia ingin agar personel kepolisian ke depannya menjadi sosok yang memberikan rasa aman kepada masyarakat. Tak hanya itu, polisi disebutnya juga harus bisa menyelesaikan masalah di lapangan, menegakkan hukum dengan tegas dan humanis, serta menjadi representasi kehadiran negara di saat masyarakat membutuhkan bantuan.

"Khususnya responsif terhadap apa yang menjadi kemauan masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Listyo juga mengingatkan jajarannya akan instruksi Presiden Joko Widodo. Yaitu menjaga dan menciptakan iklim investasi yang kondusif, aman, dan damai.

Jajaran Polri juga diminta melakukan kesiapan dan antisipasi sejak dini terkait agenda event nasional atau internasional yang akan digelar di Indonesia pada masa pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan dengan tetap memperhatikan faktor kesehatan yang akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan perekonomian.

"Proses perjalanan event tersebut, ini pertaruhan Indonesia di mata dunia dan kewajiban Polri dari sisi menjaga kamtibmas dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru