Uskup Katolik di India Divonis Bebas Atas Kasus pemerkosaan Biarawati
pexels.com/MART PRODUCTION
Dunia

Pengadilan India membebaskan seorang uskup Katolik Roma dari tuduhan memperkosa seorang biarawati beberapa kali antara tahun 2014-2016. Keputusan itu pun sukses menimbulkan pro kontra.

WowKeren - Pengadilan India membebaskan Franco Mulakkal, uskup Katolik Roma di India dari tuduhan memperkosa seorang biarawati di biara pedesaannya. Kasus ini pun telah menjadi sebuah isu utama di tengah tuduhan pelecehan seksual di gereja.

Hakim Sidang G Gopakumar dalam perintah singkat pada hari Jumat. Hakim mengatakan bahwa uskup tidak bersalah atas tuduhan telah berulang kali memperkosa biarawati itu antara tahun 2014 dan 2016.

Uskup Franco Mulakkal hadir di pengadilan di Kottayam, sebuah kota di India selatan. Pendukung bersorak dan meneriakkan “Puji Tuhan!” saat dia meninggalkan lapangan.

Sementara itu, Virginia Saldanha, mantan sekretaris eksekutif Komisi Wanita Konferensi Waligereja India, mengaku terkejut dengan putusan itu. Virginia mengartikan keputusan tersebut sebagai kemenangan aksi kebencian pada wanita di lingkungan gereja.


“Pikiran pertama saya adalah bahwa kebencian terhadap wanita di gereja telah menang. Putusan itu memperkuat gagasan bahwa orang yang berkuasa tidak dapat diadili," ungkapnya.

Sebelumnya, polisi mendakwa Mulakkal dengan pemerkosaan, pengurungan ilegal dan intimidasi terhadap biarawati. Biarawati dalam pengaduannya menuduh Mulakkal, yang pada saat itu adalah uskup Keuskupan Jalandhar di negara bagian Punjab, memperkosanya beberapa kali selama kunjungannya ke biaranya di Kuravilangad di negara bagian Kerala.

Sekelompok biarawati pun akhirnya melancarkan protes publik yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menuntut penangkapan Mulakkal pada tahun 2018. Mulakkal ditahan tetapi dibebaskan dengan jaminan setelah beberapa minggu.

Para biarawati juga telah menulis surat kepada Vatikan untuk meminta mereka ikut turun tangan dalam masalah ini. Agitasi mereka menjadi berita utama nasional dan memecah minoritas Kristen kecil di mayoritas Hindu India.

Mulakkal sendiri merupakan Pelindung resmi komunitas biarawati, Misionaris Yesus, dan memiliki pengaruh besar atas anggaran dan tugas pekerjaannya. Mulakkal membantah tuduhan dengan menyebutnya "tidak berdasar dan dibuat-buat". Dia juga menyebut biarawati yang menuduh itu mencoba menekannya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts