Sandiaga Uno Tegas Wajibkan Pembalap dan Seluruh Tim MotoGP Karantina, Pakai Skema Travel Bubble
Instagram/sandiuno
Nasional

Penerapan aturan karantina dipastikan wajib bagi semua tim MotoGP 2022 di Mandalika. Pernyataan itu ditegaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

WowKeren - Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memastikan kebijakan karantina berlaku bagi seluruh tim MotoGP 2022 tanpa terkecuali. Kebijakan tersebut berlaku untuk seluruh official, kru, dan pembalap yang akan mengikuti MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika.

“Saya ingin sampaikan di sini secara tegas, kita ini negara hukum, Indonesia adalah negara hukum yang sudah menerapkan pengendalian pandemi Covid-19 sesuai dengan kaidah terbaik,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (17/1) kemarin.

Pernyataan tersebut disampaikan Sandiaga Uno untuk menjawab isu ancaman pembatalan MotoGP di Mandalika karena kewajiban karantina dari pemerintah. Sandiaga Uno mengatakan bahwa seluruh pihak yang terkait juga wajib mematuhi regulasi penanganan COVID-19 di Indonesia.

Menurut Sandiaga Uno, pemerintah telah menyelesaikan kewajiban yang berhubungan dengan event MotoGP. Sandiaga menuturkan ancaman pembatalan tidak akan diterima hanya karena prosedur karantina.


Untuk prosedur karantina yang akan diterapkan pada MotoGP 2022 di Mandalika adalah skema Travel Bubble. Strategi ini hanya dikhususkan kepada seluruh official, kru, dan pembalap. Mereka nantinya bakal menjalani karantina di hotel khusus.

Petugas karantina untuk Travel Bubble pun juga tidak diizinkan berinteraksi dengan pihak yang berada di luar dari skema tersebut. Meski begitu, semua official, kru, dan pembalap tetap mempersiapkan diri menjelang balapan.

Selain pihak yang masuk aturan Travel Bubble, pendatang dari luar negeri juga harus mengikuti aturan berdasarkan Surat Edaran Satgas COVI-19 No. 2 tahun 2022. Aturan itu membahas soal Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi COVID-19.

Travel Bubble diketahui juga akan diterapkan pada delegasi G20. Skema tersebut diklaim berhasil karena selama karantina akan benar-benar diawasi.

Sandiaga Uno pun berharap semua pihak bisa mematuhi peraturan agar ajang balapan bergengsi ini lancar terselenggara. Sandiaga Uno juga berharap tidak ada pihak yang pesimistis dan menyangsikan terhadap keberhasilan acara.

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts