Ratusan Jemaah Umrah RI Kembali Diberangkatkan, Kemenag Tetap Terapkan Kebijakan Satu Pintu
Nasional

Sebelumnya, Kemenag telah menyampaikan bahwa pemberangkatan jemaah Umrah RI tetap dilanjutkan meski masih berada di tengah pandemi COVID-19. Pada Rabu (19/1) hari ini, Kemenag akan memberangkatkan ratusan jemaah.

WowKeren - Pada Rabu (19/1) hari ini, ratusan jemaah Umrah RI diketahui kembali diberangkatkan ke Arab Saudi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag), M Noer Alya Fitra.

Pria yang akrab disapa Nafit itu mengatakan bahwa angka pasti jumlah calon jemaah Umrah yang akan diberangkatkan pada hari ini, masih dalam pencatatan. Meski demikian, ia mengatakan jadwal pemberangkatan jemaah Umrah dari berbagai daerah di Indonesia, yakni pada pukul 11.30 WIB dan pukul 19.00 dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Ini lagi direkapitulasi (jemaah Umrah berangkat) yang hari ini. Jumlahnya ratusan, pakai dua pesawat Garuda dan Saudi Airlines," tutur Nafit kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/1).

Lebih lanjut, Nafit menuturkan bahwa seluruh jemaah Umrah itu datang dari berbagai di Indonesia. Meski demikian, ia memastikan bahwa keberangkatan jemaah Umrah tersebut akan tetap mengikuti kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP).


Nafit mengungkapkan sebelum para jemaah Umrah diberangkatkan ke Arab Saudi, mereka terlebih dahulu dikumpulkan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta untuk menjalani karantina selama satu hari. Di tempat ini juga para jemaah Umrah itu dilakukan screening kesehatan COVID-19 dan pemeriksaan dokumen Umrah.

Kemudian, kata Nafit, para jemaah Umrah akan diterbangkan melalui Bandara Soetta. "Agar tetap pada protokol kesehatan. Itu mereka tetap berangkat dari Pondok Gede, pakai one gate policy," imbuhnya.

Nafit mengungkapkan bahwa nantinya akan ada beberapa kloter jemaah Umrah lain yang berangkat pada tanggal 20, 22, dan 24 Januari 2022 mendatang. Namun ia tak menyampaikan secara detail ada berapa jumlah jemaah yang akan Umrah pada 3 kloter berikutnya itu.

Sementara itu, Menag Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya telah menyampaikan bahwa keberangkatan jemaah Umrah tetap dilanjutkan meski berada di tengah pandemi COVID-19. Ia pun memastikan bahwa pelaksanaan Ibadah Umrah itu dilakukan melalui mekanisme satu pintu.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait