Jokowi Optimis Pandemi Bisa Terkendali Tahun Ini, Berikut Daftar Wilayah Zona Hijau COVID-19
presidenri.go.id
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Pemerintah Indonesia saat ini bertarung dengan waktu agar bisa sesegera mungkin bisa keluar dari pandemi COVID-19. Maka dari itu, pemerintah terus berupaya agar kondisi pandemi bisa terkendali.

WowKeren - Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah pesan mengenai pandemi COVID-19 di Indonesia. Salah satunya adalah menyebut bahwa pandemi akan terkendali di tahun 2022 ini. Jokowi melihat berbagai indikator perekonomian yang terus menunjukkan perbaikan.

Meski demikian, Jokowi juga menyoroti mengenai perkembangan COVID-19 varian Omicron yang tampaknya semakin bertambah. Maka dari itu, Jokowi meminta kepada seluruh pihak untuk selalu berhati-hati.

"Tahun 2022 akan menjadi momentum dan penanganan pandemi juga semakin terkendali meskipun hati-hati masih ada varian Omicron yang harus diwaspadai," tutur Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2022 yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/1).

Selain itu, Jokowi juga optimis pandemi COVID-19 bisa terkendali di tahun ini adalah dikarenakan tingkat vaksinasi yang terus meningkat. Per Kamis (20/1) hari ini, pemerintah mencatat sudah sebanyak 301 juta dosis vaksin COVID-19 yang disuntikkan kepada masyarakat.


Jokowi memaparkan bahwa penyuntikkan dosis pertama vaksin COVID-19 telah mencapai 85 persen. Sementara untuk target penyuntikan dosis kedua vaksin COVID-19 telah mencapai 58 persen. Di sisi lain, pemerintah juga tengah melaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster.

Akan tetapi, kondisi pandemi COVID-19 di lapangan beberapa waktu belakangan menunjukkan jumlah kasus yang terus mengalami kenaikan sejak Omicron ditemukan di Indonesia. Pada pekan lalu, Indonesia diketahui kembali mencatatkan lebih dari seribu kasus COVID-19 dalam sehari.

Meski demikian, terdapat juga sejumlah wilayah di Indonesia yang telah memasuki zona hijau COVID-19. Satgas Penanganan COVID-19 mencatatkan ada penambahan daerah zona hijau atau wilayah yang tidak mengalami penambahan kasus dalam sepekan terakhir di Pulau Jawa.

Berdasarkan data Satgas per 16 Januari 2022 yang dirilis belum lama ini, tercatat ada empat wilayah zona hijau di Jawa yakni Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar, Jawa Barat, kemudian Kota Blitar, Jawa Timur, dan Kota Salatiga di Jawa Tengah. Sementara secara keseluruhan, zona hijau COVID-19 di Indonesia mengalami penambahan menjadi 133 kabupaten/kota. 29 Provinsi yang masuk zona hijau itu mayoritas berasal dari Papua, sementara 15 lainnya adalah kabupaten/kota tercatat.

Selain itu, Satgas juga menyampaikan bahwa Indonesia terbebas dari zona merah dan zona oranye COVID-19. Sedangkan zona kuning juga mengalami penurunan dibandingkan dengan sepekan lalu.

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts