Merck Izinkan Perusahaan Farmasi Generik Produksi Pil COVID-19 untuk Negara Berkembang
AP Photo
Dunia

Direktur Eksekutif MPP Charles Gore mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah itu sangat penting untuk memastikan akses global ke obat perawatan COVID-19.

WowKeren - Lebih dari 20 pembuat obat generik telah membuat kesepakatan untuk memproduksi pil antivirus COVID-19 yang dibuat oleh Merck. Perusahaan-perusahaan ini akan memasok produk mereka ke lebih dari 100 negara berkembang untuk membantu mereka memerangi pandemi.

The Medicines Patent Pool pada Kamis (20/1) mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani pakta dengan 27 pembuat obat generik untuk membuat molnupiravir Merck. Ini merupakan sebuah kelompok internasional yang bekerja untuk menurunkan biaya obat melalui perjanjian lisensi yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Berdasarkan perjanjian paten, Merck dan mitra Ridgeback Biotherapeutics akan mengizinkan produsen generik untuk memproduksi bahan mentah untuk molnupiravir dan obat jadi itu sendiri. Adapun sejumlah perusahaan farmasi yang terlibat dalam perjanjian tersebut berasal dari banyak negara seperti Bangladesh, Tiongkok, Mesir, Yordania, India, Indonesia, Kenya, Pakistan, Afrika Selatan, Korea Selatan, dan Vietnam.


Direktur Eksekutif MPP Charles Gore mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah itu sangat penting untuk memastikan akses global ke obat perawatan COVID-19. Dengan adanya kerja sama ini maka ia berharap perawatan COVID-19 dapat tersedia dengan cepat, tak hanya bagi negara berpenghasilan menengah namun juga rendah.

"Ini adalah langkah penting untuk memastikan akses global ke perawatan COVID-19 yang sangat dibutuhkan," ujarnya. "Dan kami yakin bahwa, karena produsen bekerja sama dengan otoritas pengatur, perawatan yang diantisipasi akan tersedia dengan cepat di (negara berpenghasilan rendah dan menengah)."

Hal senada juga disebutkan oleh Direktur kebijakan eksekutif Merck Paul Schaper. Menurutnya, langkah ini akan memungkinkan molnupiravir menjangkau populasi yang lebih luas dan membuatnya terjangkau di tempat-tempat yang paling membutuhkannya.

"Kami senang melihat visi ini menjadi nyata, dengan keragaman geografis yang kuat dalam sublisensi manufaktur generik terpilih MPP," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait