Dokter Bedah Prancis Jadi Sorotan Usai Jual Foto Rontgen Pasien di Lapak NFT
AFP
Dunia

Dokter yang berpraktik di rumah sakit umum Georges Pompidou di barat daya Paris, itu menjual gambar X-Ray sebagai karya seni digital, tanpa persetujuan pasien.

WowKeren - Keuntungan yang didapat dari menjual gambar di lapak NFT (Non Fungible Token) memang cukup menggiurkan bagi sebagian orang. Bahkan, seorang dokter bedah senior di Prancis tampaknya tak ingin ketinggalan dengan demam NFT ini.

Seorang ahli bedah ortopedi bernama Emmanuel Masmejean harus menghadapi tuntutan hukum dan kemungkinan tuntutan disipliner usai mencoba menjual foto rontgen seorang penonton konser yang tertembak dalam serangan tahun 2015 di aula musik Bataclan di Paris. Ia pertama kali dilaporkan oleh situs Mediapart pada hari Sabtu (22/1).

Dokter yang berpraktik di rumah sakit umum Georges Pompidou di barat daya Paris itu menjual gambar X-Ray sebagai karya seni digital, tanpa persetujuan pasien. Gambar menunjukkan lengan bawah berisi peluru Kalashnikov dan dijual seharga sekitar 2.051 pounsterling (Rp39,68 juta) di situs web OpenSea.


Kepala rumah sakit umum Paris Martin Hirsch mengatakan bahwa tuntutan pidana dan profesional akan diajukan terhadap ahli bedah itu akibat perbuatannya yang dianggap memalukan dan mengandung unsur skandal. Melalui cuitan di Twitter ia mengecam bahwa tindakan dokter tersebut berpotensi membahayakan kerahasiaan medis.

"Tindakan ini bertentangan dengan praktik profesional yang sehat," ujarnya melalui Twitter. "Membahayakan kerahasiaan medis, dan bertentangan dengan nilai-nilai AP-HP (rumah sakit Paris) dan layanan publik."

Masmejean pun mengakui kesalahannya itu dan menyesal bahwa ia telah menjual foto X-ray pasien tanpa meminta izin terlebih dahulu. Ia mengatakan telah menarik gambar itu dari lapak penjualan namun The Guardian melaporkan bahwa gambar itu masih terlihat pada Minggu (23/1).

Sebagaimana diketahui, OpenSea merupakan lapak dimana orang-orang bisa menjual NFT mereka. NFT merupakan karya seni digital yang tidak dapat diduplikasi, yang menggunakan teknologi blockchain. NFT meledak ke arus utama tahun lalu dan sekarang diperdagangkan di rumah lelang besar, menghasilkan beberapa ratus juta dolar dalam transaksi setiap bulan.

(wk/zodi)


You can share this post!


Related Posts