Bandara Istanbul Tutup Akibat Hujan Salju Lebat, Atap Terminal Kargo Sampai Ambruk
pixabay.com/Ilustrasi/Larisa-K
Dunia

Salju tak hanya menyebabkan kekacauan di jalan raya, namun juga rantai pasokan. Pusat perbelanjaan tutup lebih awal dan layanan pengiriman makanan ditutup.

WowKeren - Salju yang menyelimuti wilayah Mediterania bagian timur tampaknya menjadi ancaman yang serius. Selain menyebabkan pemadaman dan kekacauan lalu lintas, salju yang tebal turut memaksa bandara tersibuk Eropa di Istanbul untuk tutup sementara waktu.

Penutupan bandara menyebabkan dihentikannya penerbangan dari Timur Tengah dan Afrika ke Eropa dan Asia pada hari Senin (24/1). Selain memaksa bandara tutup, salju yang tebal juga menyebabkan atap salah satu terminal kargo runtuh.

Pejabat perjalanan mengatakan kepada AFP bahwa penutupan itu menandai penutupan pertama sejak menggantikan Bandara Ataturk lama Istanbul sebagai hub baru untuk Turkish Airlines pada 2019. "Karena kondisi buruk, semua penerbangan di Bandara Istanbul telah dihentikan sementara untuk keselamatan penerbangan," kata pihak bandara dalam sebuah pernyataan di Twitter.


Tentu saja, penutupan bandara ini menimbulkan kekecewaan bagi 16 juta penduduk di Istanbul. Namun selain itu, salju juga telah menyebabkan mobil-mobil saling bertabrakan ketika meluncur menuruni jalan yang curam dan tertutup es. Bahkan, jalan raya telah berubah seolah menjadi tempat parkir.

Salju tak hanya menyebabkan kekacauan di jalan raya, namun juga rantai pasokan. Pusat perbelanjaan tutup lebih awal dan layanan pengiriman makanan ditutup. Sebuah kios yang ikonik di kota itu kosong karena pemasok tidak dapat melewati salju.

Sementara itu, bandara Istanbul melayani lebih dari 37 juta penumpang tahun lalu, menjadi salah satu hub udara terpenting di dunia. Turkish Airlines mengatakan pihaknya menangguhkan semua penerbangan Bandara Istanbul hingga setidaknya pukul 04.00 waktu setempat hari Selasa.

Tak hanya Turki, dampak salju yang lebat juga dirasakan di Yunani. Kementerian kesehatan mengumumkan bahwa pusat vaksinasi COVID-19 di wilayah Attica yang lebih luas di Athena dan di pulau terdekat Evia akan ditutup pada pukul 3 sore waktu setempat. Penutupan akan berlanjut sampai hari Selasa karena salju yang masih lebat. Oleh sebab itu, pihak berwenang memperingatkan warga agar tidak keluar rumah jika memang tidak memiliki urusan yang mendesak.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru