Terkenal Sulit, Soal Ujian Masuk Universitas Jepang Malah Bocor?
Dunia

Insiden itu terungkap setelah seorang pria yang merupakan mahasiswa Universitas Tokyo memberi tahu bahwa dia telah menerima gambar soal ujian mata pelajaran tertentu.

WowKeren - Ujian masuk ke universitas bukanlah hal yang mudah untuk dikerjakan. Bahkan tak jarang pula ketika para kontestan yang berebut masuk perguruan tinggi harus gugur karena soal yang sangat sulit dan ketatnya waktu pengerjaan.

Tak terkecuali di Jepang. Namun, baru-baru ini di Jepang sebuah tangkapan gambar berupa soal ujian masuk universitas terpadu mungkin telah bocor melalui aplikasi panggilan video selama pengujian awal bulan ini.

Tentu saja, hal ini ramai menjadi pembicaraan mengingat ujian masuk ke universitas di negara itu terkenal sulit. Temuan itu mendorong polisi untuk menyelidiki insiden tersebut sebagai kasus dugaan kecurangan, sebagaimana sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan pada Rabu (26/1).

Insiden itu terungkap setelah seorang pria yang merupakan seorang mahasiswa Universitas Tokyo memberi tahu otoritas ujian bahwa dia telah menerima gambar soal ujian sejarah dunia. Menurut sumber, soal tersebut didapat melalui aplikasi telepon internet Skype saat ujian berlangsung pada 15 Januari.


Menurut pria itu, dia diminta untuk mencoba memecahkan masalah oleh seseorang yang dia kenal melalui situs layanan bimbingan belajar, kata sumber tersebut. Dia menerima gambar itu beberapa kali dan mengirim kembali jawaban, kata mereka.

Sementara itu, operator layanan situs web mengatakan bahwa orang tersebut telah terdaftar ke layanan bimbingan belajar pada bulan Desember dan berkomunikasi dengan mahasiswa. Pria itu kemudian mengetahui bahwa pertanyaan itu benar-benar digunakan dalam ujian dan melaporkan kejadian itu kepada pihak berwenang, kata sumber tersebut.

Insiden ini juga turut menyita perhatian Pusat Nasional untuk Ujian Masuk Universitas dan kementerian pendidikan yang segera melakukan pemeriksaan. Pejabat pusat mengatakan bahwa itu memunculkan dugaan kecurangan.

"Ada kemungkinan terjadi kecurangan pada tes sejarah dunia," kata pejabat itu. "Tetapi kami tidak dapat memberikan rincian karena kami sedang mengonfirmasi fakta."

(wk/zodi)


You can share this post!


Related Posts