Dorce Sudah Dinasihati Ulama, Ustaz Zacky Mirza Persilakan Buat Kesimpulan Sendiri
Instagram/zackymirza_
Selebriti

Dorce Gamalama sebelumnya mengungkap keinginan dimakamkan sebagai perempuan ketika meninggal dunia kelak. Ustaz Zacky Mirza ikut menanggapi keinginan Dorce tersebut.

WowKeren - Wasiat Dorce Gamalama untuk dimakamkan sebagai perempuan apabila meninggal dunia menjadi pembahasan sejumlah ulama belakangan ini. Salah satunya dari Ustaz Zacky Mirza yang merespons positif nasihat sederet ulama.

Para ulama juga dinilai menyampaikan nasihat kepada Dorce dengan lemah lembut. Meski sepakat bahwa manusia seharusnya dimakamkan sesuai kodrat, Ustaz Zacky Mirza ingin perdebatan diakhiri dan keputusan diserahkan kepada Dorce.

"Semua ulama sepakat seorang muslim ketika meninggal prosesinya dikembalikan kepada kodrat aslinya," ujar Ustaz Zacky Mirza melalui video di Instagram pada Senin (31/1). "Tapi yang ingin saya sampaikan dalam hal ini adalah kita harus berfikir bahwa ketika nasihat sudah kita sampaikan dengan penuh kelembutan, kasih sayang, semuanya kembali kepada yang bersangkutan."


Sebagai umat muslim, Ustaz Zacky Mirza mengajak bersama mendoakan Dorce ketimbang memaksakan kehendak sehingga membuat keributan. Sebab ia meyakini bahwa Tuhan lebih mengetahui isi hati terdalam Dorce yang telah dikenal luas sebagai transgender.

"Dengan umur yang sudah sekian, saya rasa asam garam kehidupan sudah beliau alami jadi menurut saya pribadi, pada akhirnya biarkan beliau yang mengambil kesimpulannya," tutur Ustaz Zacky Mirza. "Kita hanya bisa mendoakan saja. Mudah-mudahan apapun yang beliau fahami, biar itu menjadi tanggung jawab beliau pribadi di mata Allah SWT."

"Karena Allah itu pasti Zat yang Mahatahu atas segala apa yang dilakukan, yang diputuskan oleh hamba-hambanya," pungkasnya. "Kita doakan mudah-mudahan beliau sehat, panjang umur, dan bisa menanggapinya dengan penuh kebijakan juga apa yang sudah dinasihati dari para ulama."

Sebelumnya, Dorce Gamalama juga menyatakan enggan wasiatnya dicampuri para ulama. Menurut Dorce, pemakamannya kelak biar menjadi urusannya dan keluarga. Bahkan ketua MUI pun ikut memberikan komentar saking ramainya pemberitaan soal wasiat Dorce ini.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait