Obor Estafet Olimpiade Beijing 2022 yang Dipersingkat Dimulai, Eks Speedkater Jadi Pembawa Nyala Api
AP Photo/Sam McNeil
Dunia

Obor estafet Olimpiade Beijing 2022, telah dimulai pada Rabu (2/2). Adapun lama obor estafet ini dipersingkat lantaran khawatir akan penyebaran COVID-19.

WowKeren - Dalam 2 hari, perhelatan Olimpiade Beijing 2022 akan digelar. Pada Rabu (2/2), obor estafet tiga hari untuk Olimpiade Beijing yang dipersingkat lantaran khawatir akan penyebaran COVID-19 telah dimulai, dengan seorang mantan speedkater berusia 80 tahun yang membawa nyala api.

Melansir AP News, relay dibuka di Olimpic Foreign Park. Luo Zhihuan, speedkater kompetitif internasional pertama di negara itu, menjalankan leg pertama. Obor tersebut akan dibawa melalui tiga zona Olimpiade, dimulai dari pusat Kota Beijing, sebelum menuju ke distrik Yanqing dan terakhir, Zhangjiakou di Provinsi Hebei yang bertetangga.

Seperti yang diketahui, Olimpiade Beijing 2022 telah terkena dampak dalam skala yang serupa dengan yang dialami oleh Tokyo selama Olimpiade Musim Panas tahun lalu. Tiongkok sebelumnya telah menyampaikan hanya penonton terpilih yang akan diizinkan untuk tetap berada dalam gelembung yang membuat mereka tidak berhubungan dengan masyarakat umum.

Sementara itu, Beijing yang memiliki 20 juta penduduk hanya mengalami sedikit kasus COVID-19 dan melaporkan hanya ada dua kasus baru pada Rabu (2/2). Namun sesuai dengan pendekatan "tanpa toleransi" Tiongkok terhadap pandemi, maka dengan aturan ketat tersebut mengharuskan penguncian dan pengujian massal ketika ada kasus nyata atau yang dicurigai.


Di sisi lain, program yang dipotong tampaknya tidak banyak berpengaruh pada Luo, yang setelah menerima obor dari Wakil Perdana Menteri Han Zheng mengatakan bahwa itu adalah realisasi aspirasi selama beberapa dekade.

"Saya tidak pernah berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin, jadi saya berharap negara kita dapat menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin dan saya memiliki mimpi selama hampir 60 tahun," tutur Luo dalam keterangan dilihat pada Rabu (2/2). "Hari ini, mimpiku menjadi kenyataan... Betapa bahagianya aku!"

Peserta yang terlibat dalam estafet obor Olimpiade Beijing 2022 sendiri diketahui telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan dipantau secara cermat, mulai dari dua minggu sebelum acara.

Selain itu, 135 orang di antara pembawa obor yang berangkat pada Rabu (2/2), adalah Jing Haipeng, Kapten Korps Astronot Tiongkok, Ye Peijian, konsultan berusia 77 tahun untuk program eksplorasi bulan Tiongkok, mantan pemain NBA Yao Ming, dan sutradara film Tiongkok Zhang Yimou, yang akan turut menghadiri upacara pembukaan langsung pada Jumat (4/2), di Sarang Burung.

Sementara untuk relai obor pada kali ini diperkecil jauh dari tahun 2008, ketika Beijing mengirimkan api Olimpiade dalam perjalanan global menjelang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun ini.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait