Balas Tindakan Jerman, Rusia Tutup Lembaga Penyiaran Deutsche Welle di Moskow
Dunia

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka juga akan menghentikan satelit dan siaran lainnya dari Deutsche Welle di wilayah Rusia.

WowKeren - Rusia tampaknya memang tak pernah main-main ketika harus membuat keputusan untuk mengambil langkah menyikapi perilaku negara lain terhadapnya. Pada Kamis (3/2), Rusia mengatakan akan menutup kantor berita Deutsche Welle yang ada di Moskow.

Tak hanya itu, Rusia juga akan mencabut akreditasi para stafnya di negara itu. Langkah itu diambil sebagai tanggapan atas langkah Jerman yang sebelumnya mengeluarkan larangan terhadap program berbahasa Jerman milik lembaga penyiaran pemerintah Rusia, Rusia Today.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka juga akan menghentikan satelit dan siaran lainnya (output) Deutsche Welle di wilayah Rusia. Deutsche Welle, atau yang lebih dikenal dengan DW, merupakan sebuah lembaga penyiaran milik Jerman yang menawarkan layanan dalam 30 bahasa, termasuk Rusia.

Pengumuman itu datang ketika ketegangan antara Rusia dan Barat kian meningkat, terutama karena kekhawatiran akan invasi Rusia ke sekutu Eropa, Ukraina. Penutupan itu juga menyoroti posisi Kremlin yang semakin bermusuhan terhadap media asing setelah beberapa pengusiran jurnalis asing terkemuka.


Sehari sebelumnya, pada Rabu (2/2) regulator penyiaran Jerman mengumumkan bahwa mereka melarang transmisi saluran RT DE karena kurangnya lisensi penyiaran. Bagi Rusia, langkah ini merupakan bentuk larangan berpendapat.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan langkah itu merupakan pelanggaran kebebasan berbicara. Pemimpin redaksi RT Margarita Simonyan juga menyebut bahwa keputusan itu sebagai omong kosong.

RT DE merupakan cabang RT berbahasa Jerman yang diblokir dari jaringan satelit Eropa pada 22 Desember atas permintaan otoritas Jerman. Kendati demikian, layanan itu masih tersedia melalui internet dan melalui aplikasi seluler.

Meski RT DE mengatakan bahwa siaran itu memiliki lisensi penyiaran Serbia yang disebut-sebut memberikan hak untuk disiarkan di Jerman di bawah hukum Eropa, namun regulator Jerman bersikeras tidak memiliki izin sah berdasarkan hukum Eropa. Regulator juga menganggap bahwa saluran itu berbasis di Berlin meski RT DE mengatakan bahwa siaran itu disiarkan dari Moskow.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru