'Suara Kebapakan' Maskot Olimpiade Beijing Bing Dwen Dwen Picu Pro-Kontra di Tiongkok
Dunia

Panda imut bernama Bing Dwen Dwen yang mengenakan 'cangkang' bening seolah terbuat dari es itu telah mencuri hati banyak orang selama penyelenggaraan Olimpiade Beijing. Bing sendiri berarti es dalam bahasa Mandarin.

WowKeren - Popularitas maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing yang imut tak perlu diragukan lagi. Maskot panda bernama Bing Dwen Dwen itu bahkan membuat ratusan orang rela mengantre berjam-jam demi mendapatkan bonekanya.

Namun baru-baru ini, "suara kebapakan" Bing Dwen Dwen menarik perhatian di Tiongkok. Suara maskulin yang dalam terdengar dari maskot imut tersebut  dalam sebuah program yang disiarkan CCTV (China Central Television) yang dikelola pemerintah Tiongkok pada hari Selasa.

Kala itu, Bing Dwen Dwen rupanya tengah mewawancarai atlet ski Tiongkok, Yang Shuorui. Namun isi wawancara tersebut akhirnya menghilang usai video itu menuai polemik di media sosial.

Netizen lantas menyuarakan kekecewaan mereka terhadap "suara" Bing Dwen Dwen yang tidak sesuai ekspektasi di media sosial. "Saya merasa terluka... Ketika saya membuka (platform belanja online) Taobao dan ingin membeli gantungan kunci Bing Dwen Dwen, saya akan memikirkan suara seorang pria paruh baya," tulis seorang netizen.


"Aku tidak mau mendengar suara 'paman' Bing Dwen Dwen. Dia hanyalah panda kecil yang lucu," komentar netizen lain.

Penyelenggaa Olimpiade lantas berupaya untuk menghentikan diskusi online terkait hal itu agar tak menodai citra Bing Dwen Dwen. Menurut CNN, pihak CCTV menarik wawancara dari situs webnya pada hari Rabu dan sensor melarang tagar tertentu seperti "Bing Dwen Dwen mulai berbicara" di platform media sosial Weibo.

Selain itu, pihak penyelenggara juga disebut menyangkal insiden "voice reveal" Bing Dwen Dwen pernah terjadi. "Itu bohong (bahwa Bing Dwen Dwen berbicara)" dan "Kapan (Bing Dwen Dwen) pernah berbicara?" adalah tanggapan yang didapat penggemar ketika mereka mengomentari akun resmi Olimpiade Beijing di aplikasi Douyin, yang merupakan TikTok versi Tiongkok.

Sebagai informasi, Bing Dwen Dwen yang mengenakan "cangkang" bening seolah terbuat dari es itu telah mencuri hati banyak orang selama penyelenggaraan Olimpiade Beijing. Bing sendiri berarti es dalam bahasa Mandarin.

Banyak warga Tiongkok, jurnalis, dan bahkan jurnalis asing menunjukkan ketertarikan terhadap maskot imut tersebut. Hal ini membuat stok souvenir Bing Dwen Dwen terus habis. Panitia penyelenggara Olimpiade Beijing bahkan meminta agar produksi cinderamata Bing Dwen Dwen ditingkatkan demi memuaskan penggemar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait