Malaysia-Thailand-Kamboja Buka Jalur Perjalanan VTL Bebas Karantina Mulai Bulan Ini
Dunia

Pelancong yang divaksinasi penuh akan diizinkan untuk melakukan perjalanan dengan rute yang ditentukan tanpa melakukan karantina saat sudah sampai di tempat tujuan.

WowKeren - Tiga negara Asia Tenggara: Malaysia, Thailand, dan Kamboja, siap untuk membuka jalur perjalanan Vaccinated Travel Lane (VTL) bagi warganya yang sudah divaksin. Sebagai upaya bersama untuk membuka kembali perbatasan internasional ini, skema ini akan berlaku mulai 15 Maret mendatang.

Di bawah skema itu, pelancong yang divaksinasi penuh akan diizinkan untuk melakukan perjalanan dengan rute yang ditentukan tanpa melakukan karantina saat sudah sampai di tempat tujuan, sebagaimana dijelaskan oleh Menteri Transportasi Datuk Seri Wee Ka Siong. Langkah ini diharapkan mampu memulihkan ekonomi setelah pandemi.

"Rute-rute ini diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi kita bersama dari dampak pandemi COVID-19," kata Wee dalam keterangannya, Sabtu (5/3). "Khususnya dalam menghidupkan kembali industri pariwisata yang sedang lesu."


Wee mengatakan bahwa untuk Thailand, maskapai yang ditunjuk dari kedua negara akan diizinkan untuk menambah hingga enam penerbangan setiap hari untuk rute Kuala Lumpur-Bangkok. Sedangkan untuk rute Kuala Lumpur-Phuket akan ditambahkan hingga empat penerbangan setiap hari. Namun, tak menutup kemungkinan akan ada rute baru tambahan, yang mana hal itu tergantung pada kesepakatan kedua negara.

Sementara itu di Kamboja, Wee mengatakan apabila maskapai yang ditunjuk dari kedua negara akan diizinkan untuk mengoperasikan hingga dua penerbangan setiap hari di rute Kuala Lumpur-Phnom Penh. Sama seperti Thailand, rute tambahan dapat ditambahkan tergantung pada permintaan pasar.

Rute VTL ini akan dilayani oleh semua operator yang ditunjuk oleh ketiga negara di bawah inisiatif VTL. Terkait standar operasional prosedur atau SOP, akan segera dikeluarkan oleh instansi masing-masing. Begitu pula dengan aturan terkait protokol kesehatan.

Wee mengatakan pemerintah akan melanjutkan diskusi dengan negara-negara tetangga Asean tentang pembukaan kembali rute tambahan yang aman di masa depan sesuai dengan situasi yang ada. Malaysia saat ini memiliki pengaturan VTL udara dan darat dengan Singapura. Untuk VTL Malaysia dan Brunei akan segera diterapkan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait