Menkes Thailand Sebut Pandemi COVID-19 Bisa Jadi Endemi di Bulan Juli
Dunia

Jika pandemi virus corona memasuki fase endemi, maka itu artinya akan memungkinkan masyarakat bisa kembali menjalani kehidupan seperti sebelum pandemi.

WowKeren - Kementerian Kesehatan Thailand yakin bahwa situasi pandemi COVID-19 akan berangsur membaik. Bisa jadi, penyakit itu akan dianggap sebagai endemi pada bulan Juli nanti.

Menurut laporan Nation Thailand, juru bicara pemerintah Thanakorn Wangboonkongchana mengatakan jika situasinya terus membaik, maka membuka jalan bagi virus untuk berpindah dari status pandemi ke status endemi pada pertengahan tahun. Thailand sendiri juga telah mengembangkan vaksin buatan dalam negeri.

Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha bahkan dikatakan Thanakorn telah memuji peluncuran vaksin pemerintah dan sistem perawatan kesehatan atas kemajuan yang telah dicapai sampai saat ini. PM juga telah mengakui peran yang dimainkan oleh masyarakat dalam mematuhi langkah-langkah pencegahan penyakit.


Sementara itu, tingkat infeksi di Thailand pada dasarnya masih tinggi, namun laju penularan sudah mulai menurun. Pada Minggu (6/3), Thailand melaporkan 21.881 kasus baru, yang mana jumlah ini turun dari 22.818 pada hari Sabtu (5/3). Namun, jumlah kematian terkait COVID-19 naik dari 52 pada Sabtu menjadi 59 kemarin.

Thailand bukan satu-satunya negara yang tengah menanti untuk mengumumkan status COVID-19 sebagai penyakit endemi. Dr Sumanee Watcharasin dari CCSA mengatakan sejumlah negara dan wilayah lain, termasuk Spanyol, India, dan negara bagian California AS sedang bersiap untuk memperlakukan COVID-19 sebagai endemi.

Jika pandemi virus corona memasuki fase endemi, itu akan memungkinkan masyarakat bisa kembali menjalani kehidupan seperti sebelum pandemi. Sumanee mengatakan kementerian kesehatan telah berkonsultasi dengan sejumlah lembaga pemerintah dan universitas untuk mempelajari 8 daerah yang dianggap sebagai hotspot virus, bersama dengan 44 daerah lain dengan tingkat infeksi rendah.

Menurut laporan Nation Thailand, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa Thailand telah berhasil menangani pandemi. Tentu saja, capaian itu berkat upaya yang dilakukan melalui langkah-langkah seperti peluncuran vaksin, penyediaan obat-obatan dan fasilitas medis, dan tindak pencegahan penyakit. Pasien yang tidak menunjukkan gejala atau hanya memiliki gejala ringan sekarang dapat menerima perawatan rawat jalan dan memulihkan diri di rumah.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait