Akhirnya! Setelah 2 Tahun Pandemi, Gelaran Konser Musik Diizinkan Kembali
pexels.com/Wendy Wei
Nasional

Setelah memberikan pelonggaran pembatasan COVID-19 terhadap pelaku perjalanan, kini pemerintah juga telah mengizinkan untuk kembali menggelar konser musik usai dilarang selama pandemi.

WowKeren - Pemerintah Indonesia saat ini telah melonggarkan sejumlah aturan pembatasan COVID-19. Hal ini diterapkan seiring dengan menurunnya angka kasus COVID-19 di Tanah Air.

Setelah sejumlah aturan seperti pencabutan tes COVID-19 bagi pelaku perjalanan domestik dan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri yang sudah divaksin, kini giliran konser musik yang diizinkan kembali digelar. Seperti yang diketahui, selama pandemi COVID-19 berlangsung, pemerintah melarang gelaran konser musik berkapasitas penuh.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah memastikan bahwa penyelenggaraan konser musik kini kembali diperbolehkan, setelah dua tahun dilarang dikarenakan kondisi pandemi COVID-19.

"Presiden hadir dan memerintahkan kami dan Polri bahwa event musik dan event ekonomi kreatif lainnya difasilitasi," ujar Sandiaga di laman resmi Kemenparekraf, Senin (28/3).

Adapun pernyataan tersebut disampaikan oleh Sandiaga diketahui setelah mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Joyland Festival di Taman Bhagawan Nusa Dua, Bali, pada akhir pekan lalu.


Sebagai informasi, Joyland Festival sendiri merupakan gelaran seni budaya dengan sejumlah aktivitas hiburan yang salah satunya adalah pertunjukan musik yang dihadiri musisi kondang dari lintas genre dan lintas generasi.

Meski demikian, Sandiaga menegaskan bahwa izin konser musik tetap harus mematuhi sejumlah syarat. Salah satunya adalah penonton harus sudah menjalani vaksinasi lengkap atau booster serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin.

Lebih lanjut, Sandiaga menuturkan bahwa sejalan dengan arahan dari Jokowi, konser musik sudah bisa kembali digelar. Sementara untuk pembatasan kapasitas penonton masih akan dibahas bersama dengan penyelenggara yang penting penontonnya nanti sudah divaksin lengkap atau booster, serta menerapkan prokes.

"Dan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk dapat menggeliatkan event-event sehingga mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," papar Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga mengungkapkan bahwa kembalinya konser musik digelar itu merupakan arahan dari Jokowi atas permintaan dari penyanyi Indonesia Raisa. Raisa disebut ingin menggelar konser tunggal penyanyi perempuan pertama di GBK.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru