Antisipasi Penumpukan Penumpang PPLN, Bandara Soetta Tambah Lokasi Tes RT-PCR
Nasional

Di musim tren peningkatan kedatangan PPLN di Indonesia ini tentu saja membuat pihak terkait, dalam hal ini bandara mempersiapkan segala hal, di antaranya lokasi tes RT-PCR COVID-19.

WowKeren - Selama pandemi COVID-19 berlangsung, pemerintah memberlakukan sejumlah aturan pengetatan mobilitas masyarakat. Di antaranya adalah bagi pelaku perjalanan luar negeri atau PPLN yang hendak masuk ke Indonesia.

Salah satu pintu kedatangan PPLN ke Indonesia adalah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Seperti yang diketahui, bagi PPLN yang memasuki Indonesia, wajib melakukan tes real time polymerase chain reaction (RT-PCR) COVID-19.

Mengingat angka kedatangan PPLN di Indonesia tak sedikit, maka Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi mengatakan bahwa pihaknya bersama stakeholder lainnya menambah lokasi pengambilan sampel tes RT-PCR.

Agus mengatakan bahwa lokasi tes RT-PCR bagi PPLN ditambah di curbside (selasar) di area kedatangan internasional Terminal 3 setelah melalui area imigrasi dan bea cukai. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi penumpukan penumpang di bandara.


"AP II dan Satgas Udara Penanganan COVID-19 telah berkoordinasi, mulai 28 Maret, terdapat dua lokasi atau titik tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3," ujar Agus dalam keterangan tertulis, Senin (28/3).

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa keberadaan lokasi tes RT-PCR di curbside terminal 3 ini guna memecah antrean di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 Bandara Soetta. Selain itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah mempersiapkan area tes RT-PCR di curbside tersebut dengan baik.

Selanjutnya, Agus mengatakan bahwa dengan penambahan jumlah lokasi tes RT-PCR itu diharapkan proses kedatangan internasional dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN ke Tanah Air.

Akan tetapi, kata Agus, untuk PPLN yang merupakan kategori pelajar, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dilakukan tes di tempat berbeda yakni di Wisma Atlet atau lokasi yang ditetapkan Satgas COVID-19.

Selain menambah lokasi tes RT-PCR, pihak bandara juga menambah jumlah tenaga kesehatan untuk pengambilan sampel RT-PCR guna menghindari antrean panjang. Sementara untuk jumlah kedatangan PPLN melalui Bandara Soetta saat ini secara rata-rata berkisar 5 ribu orang setiap harinya.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait