Sendiri Saat Bulan Puasa, Berikut Tips Mudah Siapkan Makanan Buka dan Sahur
Pexels/Naim Bejelloun
SerbaSerbi

Berikut rangkuman berbagai tips mudah mempersiapkan makanan buka puasa dan sahur untuk kalian yang menjalani Ramadan 1443 H ini sendirian. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya.

WowKeren - Saat ini, umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan 1443 Hijriah. Selama berpuasa, kita hanya diperbolehkan makan pada saat maghrib dan sebelum fajar tiba.

Selain mengubah kebiasaan waktu makan, menu makanan juga menjadi salah satu yang diperhatikan ketika berpuasa. Termasuk dalam mempersiapkan makanan buka puasa dan sahur diperlukan berbagai pertimbangan mulai dari nutrisi, cita, tingkat kepraktisan, porsi, hingga mengenyangkan atau tidak.


Untuk memastikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tak jarang, beberapa orang akan mempersiapkan makanan sendiri di rumah. Hal ini semakin menantang bagi mereka yang hidup seorang diri di perantauan.

Sehubungan dengan itu, WowKeren sudah merangkum tips mudah untuk mempersiapkan menu makanan buka puasa dan sahur untuk kamu yang tinggal sendirian. Penasaran? Yuk, simak artikel selengkapnya.

(wk/inta)

1. Siapkan Makanan Cepat Saji


Siapkan Makanan Cepat Saji
TheFamilyFreezer

Makanan siap saji merupakan pilihan praktis untuk menu buka puasa dan sahur. Seiring berjalannya waktu, sudah banyak produk makanan yang dijual dalam keadaan beku dan hanya tinggal dipanaskan sebelum dinikmati.

Tak hanya produk olahan seperti sarden kalengan, mie instan, bakso dan Kornet, makanan seperti rendang hingga ayam balado pun sudah banyak tersebar dalam kemasan siap saji.

Kalian hanya tinggal memanaskan kembali lauknya dan memasak nasi. Setelah itu kalian sudah bisa mendapatkan menu lengkap dalam waktu singkat.

2. Manfaatkan Produk Makanan Beku


Manfaatkan Produk Makanan Beku
WellPlated/Erin Clarke

Selain makanan siap saji, inovasi makanan beku juga bisa jadi alternatif menu saat kamu harus memasak sendiri. Beberapa usaha rumahan bahkan sudah menjual produk ayam beku.Varian tersebut sudah dikemas dengan bumbu atau dijual dalam bentuk ayam karkas.

Jika bosan dengan citarasa produk buatan pabrik, kamu bisa menyimpan daging ayam yang sudah direndam atau diungkep dengan bumbu untuk kamu konsumsi.

Caranya pun cukup praktis, daging ayam yang sudah diungkep dengan bumbu bisa langsung digoreng dan dinikmati dengan nasi hangat atau sayuran kesukaanmu. Untuk ketahanan, daging ayam mentah bisa disimpan selama berbulan-bulan di dalam freezer sementara yang sudah matang bertahan hingga 2 bulan.

3. Siapkan Bahan Terlebih Dulu Sebelum Masak


Siapkan Bahan Terlebih Dulu Sebelum Masak
dessertnowdinnerlater

Bagi kalian yang lebih suka memasak. Kalian bisa memulai dengan mempersiapkan bahan-bahan terlebih dulu. Cara ini bisa diikuti untuk kamu jika punya jadwal padat dan ingin menghemat waktu.

Kamu bisa membeli sayur-sayuran, bakso, sosis, bahkan buah-buahan sesuai keinginan. Kemudian, potong-potong bahan makanan tersebut sebelum dikemas dengan plastik zip-top lalu disimpan di lemari es.

Metode ini mempercepat proses memasak karena bisa melewati proses memotong bahan yang cenderung memakan waktu lama. Jika sudah dipersiapkan sedemikian rupa, kamu hanya tinggal mengolah bahan menjadi menu sahur atau berbuka sesuai selera.

4. Simpan Makanan yang Tidak Perlu Diolah Kembali


Simpan Makanan yang Tidak Perlu Diolah Kembali
Pixabay/EmAji

Makanan yang tidak perlu diolah lagi akan sangat membantu kamu yang sendirian. Selain praktis, makanan-makanan kering seperti abon juga bisa disimpan untuk waktu lama.

Selain abon, makanan yang tidak perlu persiapan antara lain serundeng kelapa, macam-macam, kering tempe, kering kentang dan masih banyak lagi. Apalagi kini banyak varian sambal yang dijual dalam bentuk kemasan serta sudah dilengkapi dengan protein seperti cumi kering, suwiran ikan dan lain-lain.

Namun jika kamu menginginkan variasi lain, roti, pisang, dan kurma juga bisa masuk ke dalam daftar stok makanan yang harus disediakan. Terlebih lagi, kurma yang menjadi menu berbuka Rasulullah Muhammad SAW dengan dengan cepat memulihkan energi setelah seharian beraktivitas tanpa makan.

5. Gunakan Metode Slow Cooker


Gunakan Metode Slow Cooker
simplyrecipes

Di tengah gaya hidup serba cepat dan jadwal kerja padat, memasak nasi dengan lauk menggunakan metode slow cooker bisa dijadikan solusi. Hanya dengan sekali jalan, kamu bisa mendapatkan nasi beserta lauk untuk buka ataupun sahur. Kamu bisa memasak sebelum beraktivitas dan meninggalkannya seharian untuk dinikmati pada akhir hari.

Caranya cukup mudah, yakni dengan memasukkan nasi yang sudah dicuci, daging ayam bertulang, daun bawang, dan kaldu secukupnya ke dalam slow cooker. Akan lebih enak jika kamu menggunakan ayam bumbu frozen atau yang sudah diungkep.

Tentunya cara memasak dengan slow cooker tidak hanya sebatas ayam dan nasi. Masih banyak resep masakan praktis menggunakan slow cooker yang bisa kamu temukan di internet.

6. Buat Alternatif Makanan Pengganti Nasi


Buat Alternatif Makanan Pengganti Nasi
Pixabay/LuckyLife11

Jika kamu bisa melewati hari tanpa nasi, sandwich atau roti lapis bisa jadi pilihan sahur dan buka puasa. Selain banyak macamnya, untuk mempersiapkan sandwich tidak memerlukan waktu lama. Roti yang dijadikan untuk sandwich pun bisa disesuaikan dengan selera.

Ada dua jenis sandwich, yaitu manis dan asin. Untuk sandwich manis, isian yang bisa digunakan adalah selai atau madu. Sedangkan sandwich asin kamu bisa menambahkan telur mata sapi atau orak arik, daging ham, selada maupun lembaran keju. Kamu juga bisa mencampur tuna kalengan dengan mayones sebagai isian sandwich.

Atau mungkin kamu bisa menjadikan sandwich inkigayo yang dipopuler sejumlah bintang K-Pop sebagai tambahan variasi. sandwich ini terdiri dari tiga lapisan ini berisi telur, selai stroberi, dan salad kubis.

7. Mengolah Kembali Makanan Berlebih


Mengolah Kembali Makanan Berlebih
Pexels/Keegan Evans

Ada kalanya porsi makanan yang kita beli atau masak terlalu banyak untuk dimakan seorang diri. Akan tetapi, hal ini bisa membantu kamu saat ingin menghemat waktu dan uang untuk mempersiapkan menu sahur atau berbuka.

Sebagai contoh jika kamu tidak bisa menghabiskan daging ayam, maka sisanya bisa dimasak ulang. Sisa daging ayam tersebut bisa digunakan menjadi pelengkap nasi goreng dan mie instan favoritmu ataupun hidangan lain.

Hal ini juga bisa dilakukan tentunya pada olahan daging maupun bahan lainnya. Selain menghemat waktu dan tenaga, metode ini juga bisa mengurangi jumlah sampah karena membuang sisa makanan berlebih.

8. Berlangganan Katering


Berlangganan Katering
Pixabay/takedars

Untuk kamu memiliki dana berlebih, memesan makanan dari jasa katering adalah solusi paling cepat. Dengan memanfaatkan media sosial Instagram, kamu bisa menemukan katering yang siap mengantar makanan untukmu.

Untuk menggunakan jasa katering, kamu bisa berlangganan secara harian, mingguan dan bulanan. Biasanya mereka mengunggah menu-menu yang direncanakan setiap hari yang diolah dengan cita rasa rumahan. Soal harga, jasa katering mematok sesuai dengan jumlah pesanan untuk perorangan atau keluarga.

Demikian tips mempersiapkan makanan sahur dan buka puasa untuk kalian yang melewati Ramadan sendirian. Di antara tips rangkuman WowKeren, adakah yang cocok denganmu? Selamat mencoba.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel