12 Hidangan Buka Puasa Dari Seluruh Negeri Yang 'Istimewa', Dari Indonesia Ada?
Instagram/the_balcone_hotel_bukitti
SerbaSerbi

Semua umat Muslim di dunia tengah menyambut bulan Ramadan 2022. Pada puasa hari kedua, Tim WowKeren merangkum sederet hidangan buka puasa dari berbagai negara. Apa sajakah itu?

WowKeren - Bulan suci Ramadan 2022 telah tiba. Seluruh umat muslim menyambut hangat momen bulan Ramadan. Selama berpuasa, azan Magrib berhitu dinantikan umat Muslim karena mereka telah menahan lapar, dahaga, serta emosi sejak fajar. Tak ayal, waktu berbuka menjadi sesuatu yang memiliki peran kuat selama Ramadan.

Makan malam setelah salat Magrib merupakan waktu spesial. Sebab, berbuka seringkali dilaksanakan bersama dengan orang-orang tercinta, seperti keluarga, sahabat, dan kerabat dekat lainnya. Alhasil, momen berbuka puasa selalu terasa istimewa karena menghadirkan kehangatan yang tak terbayar.

Agar suasana berbuka terasa lebih bahagia, hidangannya juga perlu diperhatikan. Indonesia sendiri memang memiliki banyak menu makanan khas di setiap daerah untuk berbuka puasa. Kali ini, Tim WowKeren memutuskan untuk merangkum hidangan buka puasa dari berbagai negara sebagai rekomendasi kuliner. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini!

(wk/raud)

1. Kolak Pisang Khas Indonesia


Kolak Pisang Khas Indonesia
Instagram/thermomixindonesia

Indonesia merupakan negara dengan umat Muslim terbanyak di dunia. Oleh karena itu, Ramadan selalu disambut dengan meriah di Tanah Air. Bahkan Indonesia memiliki budaya unik. Di mana banyak pedagang kaki lima berjualan di hampir sepanjang jalan beberapa jam sebelum waktu berbuka selama Ramadan. Mereka menjual berbagai menu hidangan dengan harga cukup terjangkau.

Salah satu menu andalan berbuka puasa khas Indonesia adalah kolak pisang. Hidangan ini merupakan kombinasi dari buah pisang yang dimasak dengan gula aren, santan, dan daun pandan. Kolak bisa disajikan hangat maupun dingin. Kolak pisang kadang dihidangkan dengan dengan tambahan isian lain. Seperti kacang hijau, ubi jalar, singkong, atau nangka sesuai selera.

2. Shami Kebab di India


Shami Kebab di India
Instagram/sonal.chatterjee

Islam menjadi agama terbesar kedua di India setelah Hindu. Tak mengherankan jika malam Ramadhan di India dipenuhi dengan aroma shami kebab lezat yang dibumbui dengan kapulaga. Bahkan penduduk setempat dikabarkan suka berkumpul di sekitar kios-kios pinggir jalan demi menyaksikan pembuatan camilan gemuk ini disiapkan.

Shami kebab dibuat dari daging domba maupun sapi yang dimasak bersama chana dal atau bengal gram. Lalu digiling serta dibumbui dengan bawang putih, jahe, kayu manis, merica, cengkeh, jinten, mint, ketumbar, dan cabai hijau. Usai tercampur rata, adonan daging itu dicelupkan ke dalam telur, lalu digoreng hingga garing di luar dan hampir hancur di dalam. Shami kebab disajikan dengan mint-coriander chutney, saus tomat, dan onion ring.

3. Arab Saudi Dengan Tharid


Arab Saudi Dengan Tharid
Instagram/veganphysicist_com

Arab Saudi memang selalu identik dengan Islam. Alhasil, buka puasa di sana juga memiliki menu yang hampir dinikmati semua warganya, yaitu tharid. hidangan itu merupakan rebusan daging domba dan sayuran yang kaya gizi dan mengenyangkan. Tharid disebut-sebut sebagai hidangan favorit Nabi Muhammad, sehingga makanan itu memiliki makna budaya yang kuat.

Untuk menyiapkan tharid, kita perlu memasak domba selama satu jam lebih. Setelahnya, tambahkan kentang, wortel, dan zukini, lalu direbus bersama pasta tomat, bawang merah, dan bawang putih. Di akhir, tambahkan kunyit, limau kering, kapulaga, ketumbar, kayu manis, cabai merah, serta merica. Rebus hingga matang dan disajikan di atas lapisan roti pipih tipis.

4. Mansaf Asli Yordania


Mansaf Asli Yordania
Instagram/ranaalloush

Mansaf memang dikenal sebagai masakan nasional Yordania. Oleh karena itu, perayaan maupun pertemuan sosial terasa tidak lengkap tanpa adanya mansaf. Yordania diketahui juga memiliki umat Muslim yang banyak, sehingga mansaf sangat direkomendasikan sebagai menu buka puasa.

Mansaf merupakan olahan daging domba yang empuk dengan rasa tajam yang unik berkat penggunaan jameed, bola-bola yogurt kering yang difermentasi. Jameed biasanya ditambahkan ke rebusan daging yang dimasak selama beberapa jam. Daging domba bersama sausnya sering disajikan di atas nasi kunyit dengan shrak bread tipis di bawahnya. Tak lupa dengan dan hiasan kacang pinus, almond, dan peterseli. Mansaf secara tradisional disajikan di piring dan dimakan dengan tangan kanan, namun menggunakan peralatan makan juga diizinkan.

5. Ramazan Pidesi Asal Turki


Ramazan Pidesi Asal Turki
Instagram/elifim_mutfakta_31

Turki juga memiliki sajian khas untuk berbuka. Mendekati waktu fajar, warga Turki cenderung mengantre di toko roti untuk membawa pulang pidesi ramazan yang baru dipanggang. Hidangan ini berupa roti bundar beragi yang yang disajikan dengan zaitun, keju, mentega, dan daging pastirma

Masyarakat Turki biasanya menambahkan susu ke adonan agar menjadi lembut saat mengembang. Adonan ramazan pidesi dilapisi dengan campuran yoghurt-telur dan dibentuk dengan tangan menjadi roti bundar. Lalu, adonan digambari pola berlian di permukaannya dan roti diberi nigella serta biji wijen, kemudian dipanggang. Agar roti tetap lembut, nampan berisi air disimpan di dalam oven sambil dipanaskan.

6. Harees di Uni Emirat Arab


Harees di Uni Emirat Arab
Instagram/hyderabadi.ustaad

Para keluarga di Uni Emirat Arab biasa menjadikan haress sebagai menu berbuka. Hidangan ini adalah bubur domba atau ayam yang berkalori tinggi dan dicampur dengan gandum. Pembuatannya dimulai dari gandum direndam semalaman, kemudian dibumbui dan dimasak perlahan dengan daging beserta tulangnya selama empat jam atau lebih. Setelahnya, daging dipisah dari tulangnya untuk diparut dan diaduk kembali dengan gandum. Sebagai penutup, hidangan ini diberi topping ghee dan bawang goreng.

7. Sup Harira Kebanggan Maroko


Sup Harira Kebanggan Maroko
Instagram/frh_sweets

Di Maroko, hidangan harira menawarkan kelezatan lentil, buncis, daging, dan bihun dalam sup tomat. Menu tersebut telah dimasak sejak sore, sehingga menjadi nikmat karena kaya akan nutrisi. Kekentalan makanan ini berasal dari tedouira, campuran kental dari tepung dan air yang ditambahkan saat mengaduk sup.

Setiap keluarga di Moroko menyiapkan hidangan ini secara berbeda. Ada yang memilih memakai nasi daripada bihun, beberapa juga memiliki daging sapi daripada domba.Sup ini kaya akan bumbu dan rempah-rempah.

8. Puding Moi Moi Dari Nigeria


Puding Moi Moi Dari Nigeria
Instagram/iftarmenu

Nigeria memiliki menu dessert khas, yakni puding moi moi. Puding tersebut menekankan rasa gurih dan empuk yang terbuat dari kacang yang dihaluskan dan dikemas dengan bahan berprotein seperti telur, daging sapi, ikan, atau udang.

Untuk membuat moi moi, kacang polong atau kacang madu kupas dibumbui dan dicampur dengan paprika, cabai scotch bonnet, bawang dan air, sebelum digabungkan dengan protein yang dimasak. Adonan dituangkan ke dalam daun pisang, wadah plastik atau ramekin tertutup, lalu dikukus dalam panci besar berisi air hingga teksturnya seperti kue.

9. Filipina Dengan Arroz Caldo


Filipina Dengan Arroz Caldo
Instagram/estrellitafilipino

Arroz caldo menjadi hidangan buka puasa yang banyak dimakan masyarakat Filipina. Menu tersebut berupa nasi Filipina dan bubur ayam yang banyak dibumbui dengan jahe dan dihiasi dengan bawang putih panggang, daun bawang, dan lada hitam. Arroz caldo biasanya disajikan dengan calamansi atau saus ikan sebagai bumbu serta telur rebus. para keluarga di sana lebih suka menyantap arroz caldo bersama telur rebus, teri goreng, dan roti bakar.

10. Qatayef Untuk Buka Puasa di Mesir


Qatayef Untuk Buka Puasa di Mesir
Instagram/mysomalifood

Qatayef menjadi hidangan penutup berbuka puasa favorit di Mesir. Makanan ini berupa kue isi berbentuk bulan sabit. Qatayef biasanya berupa panekuk semolina yang dimasak hanya di satu sisinya.

Varian isi qatayef seringkali berupa keju, tapi ada juga yang berupa akkawi atau nabulsi, pistachio, hazelnut, almond, maupun walnut yang dihancurkan. Roti tersebut kemudian dilipat menjadi dua, ditutup rapi, lalu digoreng dan disiram dengan sirup gula. Ada pula qatayef dengan isian krim beku.

11. Samosa Ala Asia Selatan


Samosa Ala Asia Selatan
Instagram/justfoodfood_

Samosa menjadi favorit di seluruh Asia Selatan. Jenis hidangan itu biasanya diisi dengan kentang tumbuk atau daging cincang yang dibumbui dengan jinten, ketumbar, dan garam. Untuk versi kentang seringkali dinikmati sepanjang tahun. Sedangkan samosa keema (domba cincang) biasanya disajikan dengan mint-coriander chutney dan chatni asam manis yang tajam. Camilan tersebut bisa digoreng atau dipanggang. Samosa juga cocok dengan tambahan rasa dan isian seperti keju feta, bayam, maupun daging cincang.

12. Kunafa Khas Timur Tengah


Kunafa Khas Timur Tengah
Instagram/mumbaifoodranger

Di seluruh Timur Tengah, buka puasa benar-benar menjadi acara yang agung apabila menghidangkan kunafa sebagai menu pencuci mulut. Makanan ini memiliki rasa tersembunyi di kulit pai yang renyah dan berwarna oranye-emas karena bagian dalamnya lembut dan lumer karena keju lelehnya yang melar.

Kunafa membutuhkan adonan semolina, kue filo parut, atau kombinasi keduanya. Kemudian dicampur dengan sirup gula, air dan ghee, pastry dilapisi dengan keju (biasanya jenis keju lokal tanpa garam} dan dipanggang sampai kulitnya berubah menjadi keemasan. Bagian akhirnya sering diberi taburan air mawar atau sirup bunga jeruk, ditambah pistachio yang sudah dihancurkan, serta krim beku.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel