Beda Dari Jokowi, PM Malaysia 'Berani' Gelar Bukber Dengan Para Menteri Hingga Pejabat Asing
AFP/Arif Kartono
Dunia

Adapun acara buka bersama Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob pada Rabu (13/4) hari ini dihadiri oleh sekitar 300 orang tamu, termasuk kepala misi luar negeri.

WowKeren - Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob menggelar buka puasa bersama (bukber) dengan para menteri kabinetnya hingga pejabat asing di kediaman resminya pada Rabu (13/4) hari ini. Berbeda dari Presiden Joko Widodo yang dengan tegas melarang bukber dan sahur bersama untuk para pegawai pemerintahan Indonesia di bulan Ramadan tahun ini karena pandemi COVID-19.

Adapun acara bukber PM Malaysia ini dihadiri oleh sekitar 300 orang tamu, termasuk kepala misi luar negeri. Di antaranya adalah Menteri Pertahanan Senior Datuk Seri Hishammuddin Hussein, Menteri Komunikasi dan Multimedia Tan Sri Annuar Musa, Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin dan Menteri Luar Negeri Datuk Seri Saifuddin Abdullah.

Tak hanya pejabat, sebanyak 35 anak yatim dari Rumah Anak Yatim Raudhatul Al-Faeez di Gombak, Selangor, juga diundang dalam acara bukber PM Sabri. Sang tuan rumah tampak sempat bercengkerama dan berfoto bersama para anak yatim tersebut. Ia kemudian bergabung dengan jamaah untuk menunaikan shalat maghrib, isyak dan tarawih.

Pekan lalu, PM Sabri sempat menghadiri acara buka puasa bersama lebih dari 700 PNS di Laman Sari, Seri Perdana. Acara tersebut merupakan program pertama yang digelar di Seri Perdana sejak Ismail Sabri menjadi PM Malaysia pada 20 Agustus 2021. Sebagai informasi, Seri Perdana merupakan kediaman resmi PM Malaysia.


Selain PNS, acara tersebut juga dihadiri oleh 51 anak yatim dari Rumah Amal Baitul Barokah Wal Mahabbah di Sepang, Selangor. Hadir pula Sekretaris Utama Pemerintah Tan Sri Mohd Zuki Ali dan Dirjen Departemen Pelayanan Publik Datuk Seri Mohd Syafiq Abdullah.

Di sisi lain, kebijakan yang berbeda diterapkan di oleh Presiden Jokowi. Beberapa waktu lalu, Jokowi telah melarang pejabat negara dan pegawai pemerintah untuk menggelar bukber dan open house saat Idul Fitri.

"Untuk pejabat dan pegawai pemerintah, kita masih melarang untuk melakukan buka puasa bersama dan juga open house," kata Presiden Jokowi pada 23 Maret 2022 lalu.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko pun memastikan bahwa larangan bukber bagai pegawai pemerintah masih belum dicabut. Moeldoko sendiri mengaku ingin menggelar bukber bersama para stafnya, namun masih belum bisa karena adanya larangan tersebut.

"Larangan buka bersama sampai saat ini belum dicabut, 'open house' juga belum dicabut. Saya selaku pimpinan di KSP juga pengen-lah buka bersama-sama dengan anggota, tapi kan belum dicabut, tunggu dulu dicabut," jelas Moeldoko pada 6 April 2022.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru