Hampir 500 Ribu Pelancong Melintasi Perbatasan Singapura-Malaysia Selama Jumat Agung Hingga Paskah
Pexels/George Dolgikh @ Gi
Dunia

15 April 2022 lalu bertepatan dengan Jumat Agung, di mana pada hari Minggu (17/4) umat Kristiani merayakan Hari Paskah. Momen ini tampaknya dimanfaatkan untuk berkumpul dan berlibur bersama keluarga.

WowKeren - Pada 15 April 2022 lalu, bertepatan dengan hari suci bagi umat Kristiani di dunia yakni Jumat Agung. Kemudian pada Minggu (17/4), umat Kristiani merayakan Hari Paskah.

Hari libur untuk merayakan Jumat Agung hingga Hari Paskah itu tampaknya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk berkumpul dan berlibur bersama keluarga. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pelancong yang melintasi perbatasan darat antara Singapura dan Malaysia selama akhir pekan Jumat Agung dari 15 hingga 17 April 2022.

Adapun jumlah pelancong yang melintasi perbatasan darat Singapura-Malaysia itu mencapai hingga hampir 500 ribu atau tepatnya 436.800 orang. Jumlah orang yang melewati pos pemeriksaan darat di Causeway dan Second Link selama tiga hari itu diketahui hampir 25 persen lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama pada minggu sebelumnya.

Sementara itu, Otoritas Imigrasi dan Pos Pemeriksaan (ICA) memproses 112.700 keberangkatan pada Kamis, 14 April saja, menjadikannya jumlah keberangkatan harian tertinggi yang tercatat sejak perbatasan dibuka kembali sepenuhnya untuk pelancong yang divaksinasi pada 1 April.


Sedangkan pada Selasa (19/4), ICA mengatakan sebanyak 242.500 pelancong tiba melalui Causeway atau Second Link antara Jumat dan Minggu. 79.200 Di antaranya tiba baik dengan bus atau berjalan kaki, 105.300 dengan mobil dan 58.000 dengan sepeda motor.

Lebih lanjut, ICA menuturkan bahwa 194.300 keberangkatan dari Singapura terdiri dari 61.900 pemudik dengan bus atau berjalan kaki, 77.600 dengan mobil dan 54.800 dengan sepeda motor. Lalu, pada Kamis malam dan Jumat pagi, masih terlihat antrean yang panjang.

Selama periode libur Jumat Agung hingga Paskah itu, polisi dan petugas ICA dikerahkan untuk menjaga ketertiban di Woodlands Checkpoint yang harus dilalui oleh para pelancong yang berjalan kaki atau naik bus.

Akan tetapi, pada Jumat pagi, area tersebut dilanda hujan lebat. Alhasil, ICA untuk sementara mengarahkan beberapa bus umum ke terminal bus Woodlands Checkpoint agar penumpang dapat langsung masuk ke pos pemeriksaan tanpa harus mengantre di luar pos pemeriksaan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru