Orang Tertua di Dunia Meninggal Dalam   Usia 119 Tahun di Jepang
guinnessworldrecords.com
Dunia

Pada Senin (25/4), pemerintah setempat mengkonfirmasi bahwa wanita bernama Kane Tanaka tersebut telah menghembuskan napas terakhirnya di usia 119 tahun pada 19 April 2022 lalu.

WowKeren - Orang tertua di dunia dari Fukuoka, Jepang, telah meninggal dunia dalam usia 119 tahun. Pada Senin (25/4), pemerintah setempat mengkonfirmasi bahwa wanita bernama Kane Tanaka tersebut telah menghembuskan napas terakhirnya pada 19 April 2022 lalu.

Tanaka lahir di Fukuoka pada 2 Januari 1903. Ia lahir di tahun yang sama kala Wright bersaudara terbang untuk pertama kalinya dan Marie Curie menjadi wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel. Tanaka juga hidup selama beberapa era kekaisaran Jepang, mulai dari Meiji, Taisho, Showa, Heisei dan Reiwa.

Selama ini, Tanaka berada dalam kondisi kesehatan yang relatif baik dan tinggal di panti jompo. Di sana, ia menikmati permainan papan, memecahkan masalah matematika, soda, dan cokelat.

Di masa mudanya, Tanaka menjalankan berbagai bisnis termasuk toko mie dan toko kue beras. Ia menikah dengan Hideo Tanaka seabad yang lalu pada tahun 1922, dan melahirkan empat anak serta mengadopsi anak kelima.


Pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Tanaka sedianya akan mengambil bagian dalam estafet obor dengan menggunakan kursi roda. Namun pandemi COVID-19 membuat Tanaka batal berpartisipasi dalam estafet obor Olimpiade Tokyo 2020.

Ia diakui oleh Guinness World Records sebagai orang tertua di dunia pada Maret 2019, pada usia 116. Tanaka juga menjadi orang tertua yang pernah tercatat di Jepang setelah berusia 117 tahun 261 hari pada September 2020 lalu.

Ketika Guinness World Records mengakuinya sebagai orang tertua yang hidup di dunia, Tanaka sempat ditanyai mengenai momen apa yang paling bahagia dalam hidupnya. Ia pun menjawab, "Sekarang."

Seitaro Hattori selaku gubernur setempat memuji kehidupan Tanaka usai ia meninggal pekan lalu. Hattori mengaku sangat sedih dengan kepergian Tanaka.

"Saya menantikan untuk melihat Kane- san pada Hari Penghormatan untuk Orang Tua tahun ini (hari libur nasional pada bulan September) dan merayakan bersama dengan soda dan cokelat favoritnya," kata Hattori dalam pernyataannya. "Saya sangat sedih dengan berita itu."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait