Gunung Anak Krakatau Meningkat Jadi Level 3, PVMBG Ungkap Aktivitas Mudik di Selat Sunda Masih Aman
https://magma.esdm.go.id/
Nasional

Gunung Anak Krakatau belum lama ini kembali menunjukkan aktivitasnya yang meningkat, bahkan statusnya pun telah naik menjadi Level III. Meski demikian, bagi pemudik yang hendak melintasi Selat Sunda, masih terbilang aman.

WowKeren - Kepala Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Eko Budi Lelono sebelumnya telah mengumumkan bahwa aktivitas Gunung Anak Krakatau telah meningkat. Bahkan kini status Gunung Anak Krakatau pun ikut naik menjadi Level III alias Siaga.

Badan Geologi pun mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk tidak terlalu mendekat ke kawah aktif. Meski demikian, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dr. Hendra Gunawan menyampaikan bahwa masyarakat yang ingin mudik menggunakan transportasi laut, khususnya menyeberang Selat Sunda masih diperbolehkan.

Kendati demikian, Hendra pun mengimbau kepada warga agar tidak panik dengan peningkatan status dari Gunung Anak Krakatau. Terlebih lagi, pekan ini merupakan puncak mudik Lebaran 2022, sehingga perlu kesiagaan.

"Ini salah satu isu penting, terutama dalam hal kesiapsiagaan menjelang Hari Raya (Idul Fitri 1443 H)," papar Hendra dalam keterangan pers secar virtual, Senin (25/4). "Jadi memang kita kedepankan kehati-hatian tapi juga tidak mengurangi untuk tetap tenag."


Lebih lanjut, Hendra menerangkan bahwa aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau itu menimbulkan potensi bahaya hingga radius 5 Km dari kawah. Sehingga, masyarakat masih tergolong aman, pasalnya jarak penyeberangan transportasi laut di Selat Sunda dengan pusat erupsi Gunung Anak Krakatau jauh.

"Dalam kaitannya dengan potensi bahaya saat ini adalah jarak dalam radius 5 Km, dari pusat Gunung Anak Krakatau," papar Hendra. "Sehingga masyarakat yang ada di luar, saya kira kalau transportasi dari Jawa ke Lampung ini masih jauh, puluhan kilo jadi relatif aman."

Akan tetapi, kata Hendra, untuk menjaga kewaspadaan, maka warga diminta untuk tetap mengikuti pembaruan setiap informasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi. Sebelumnya, Polda Banten mengatakan telah menerima surat dari Badan Geologi Kementerian ESDM pada Minggu terkait peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Maka dari itu, Polda Banten pun meminta masyarakat sekitar dan juga pemudik untuk waspada terkait fenomena alam tersebut. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi apabila Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi kembali.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait