'Our Blues' Tuai Kritik Usai Dianggap Meromantisasi Kehamilan Anak SMA
Instagram/tvn_drama
TV

Kisah kehamilan remaja di drama tvN 'Our Blues' menjadi sorotan banyak pihak, khususnya dalam hal 'pengemasannya'. Simak ulasan lengkapnya dalam berita di bawah ini.

WowKeren - Kehamilan anak di SMA di drama tvN "Our Blues" menuai kritik dari banyak pihak. Pasalnya, jalan cerita semacam ini dianggap dapat berdampak besar bagi pemirsa remaja.

Di salah satu episode terbaru "Our Blues" yang tayang akhir pekan lalu, drama ini berfokus pada kisah Bang Yeong Ju (Roh Yoon Seo) dan Jung Hyeon (Bae Hyun Sung). Mereka adalah siswa cerdas yang berkencan diam-diam karena ayahnya memiliki hubungan buruk dengan satu sama lain.

Bang Yeong Ju menganggap Pulau Jeju sebagai tempat yang melelahkan, karena itulah dia ingin segera pergi ke Seoul untuk "melarikan diri". Namun dia akhirnya hamil dengan Jung Hyeon yang juga berstatus sebagai pelajar.

Bang Yeong Ju akhirnya memutuskan untuk melakukan aborsi meski Jung Hyeon ingin dia melahirkan bayi tersebut. Jung Hyeon dengan berat hati akhirnya menyepakati hal itu, dan mengumpulkan banyak uang agar Bang Yeong Ju bisa aborsi.

Singkat cerita, Bang Yeong Ju akhirnya menemukan rumah sakit yang bisa melakukan aborsi untuk kehamilan lebih dari 20 minggu. Jung Hyeon yang mengikuti Yeong Ju ke rumah sakit menemaninya memasuki ruang pemeriksaan.

Di sana, dokter menjelaskan bahwa janin mereka berada dalam kondisi yang sangat baik. Karena itulah Yeong Ju dan Jung Hyeon menjadi semakin berat hati untuk menggugurkan bayi tersebut.

Usai meninggalkan rumah sakit dan mengalami insiden tak terduga di dalam bus, Yeong Ju akhirnya berubah pikiran. Dia ingin melahirkan bayi tersebut dan keputusannya didukung penuh oleh sang kekasih.


\'Our Blues\' Tuai Kritik Usai Dianggap Meromantisasi Kehamilan Anak SMA

Source: tvN

Alur ini menjadi sorotan banyak pihak. Subjek kehamilan di bawah umur terbungkus dengan baik dalam kisah cinta antara Bang Yeong Ju dan Jung Hyeon. Namun, sulit untuk menghindari kritik bahwa drama tersebut telah "mengagungkan" kehamilan remaja.

Secara khusus, itu hanya menunjukkan sebagian dari kenyataan yang dihadapi remaja saat tiba-tiba hamil. Bahkan tim produksi terkesan meromantisasi cerita saat mereka akhirnya memutuskan untuk melahirkan bayi tersebut.

Dalam adegan ini, hujan turun di langit yang kering dan dalam situasi itu, Bang Yeong Ju merentangkan telapak tangannya seolah berusaha menutupi bayi di perutnya dari hujan. Setelah Jung Hyeon melakukan hal yang sama pada Yeong Ju, mereka tersenyum dan berciuman dengan iringan OST yang indah. Pada akhirnya, adegan ini dianggap menghapus masalah "kehamilan remaja" dan hanya berfokus pada "kisah cinta" karakter.

Para ahli prihatin dengan budaya seksual remaja yang ditempatkan di lingkungan yang buruk. Pada tahun 2018, rata-rata usia remaja yang telah melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya turun di usia 13,6 tahun. Padahal, kehamilan di usia remaja sangat berbahaya dan kehidupan setelah menikah tidak selalu indah seperti yang ada di film atau drama.

Baru-baru ini, ada program hiburan yang membahas realitas kehamilan dan persalinan di bawah umur. Itu adalah program MBN "High School Daddy" yang juga menerima banyak keprihatinan pada saat peluncurannya.

Program tersebut mempekerjakan instruktur pendidikan seks dan konselor psikologis untuk mendiagnosis masalah dan menarik keluar aspek pendidikan dari cerita para pemain. Lee Si Hoon, instruktur pendidikan seks yang muncul di sana berkata, "Aku pikir secara paradoks, tidak bertanggung jawab bagi orang dewasa untuk menekankan tanggung jawab tanpa mendidik anak-anak."

Pada akhirnya, dapat dilihat bahwa kehamilan siswa SMA Bang Yeong Ju di "Our Blues" hanya digunakan sebagai bahan untuk menunjukkan cinta dan tanggung jawab yang tidak sejalan dengan perkembangan zaman. Kisah-kisah kehamilan remaja ini bisa berdampak besar bagi para remaja.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait