Tak Cuma Pelecehan Seksual, 'Shooting Stars' Juga Dikritik karena Adegan 'Diskriminatif' Soal Afrika
Instagram/tvn_drama
TV

Selain adegan berbau pelecehan seksual, drama 'Shooting Stars' juga dikritik karena dianggap mendiskriminasi orang-orang Afrika. Simak ulasannya berikut ini.

WowKeren - Drama "Shooting Stars" menuai dua kontroversi besar meski baru tayang akhir pekan lalu. Usai dituding menghadirkan adegan berbau pelecehan seksual, drama ini juga dikritik karena dianggap mendiskriminasi orang-orang Afrika.

"Shooting Stars" adalah komedi romantis tentang orang-orang yang bekerja di balik layar industri hiburan, yang bertugas untuk membersihkan kekacauan yang dibuat oleh para bintang. Drama ini menggambarkan kisah realistis para staf selebriti yang menumpahkan darah, keringat hingga air mata untuk membuat atasannya bersinar seperti bintang.

Ceritanya berfokus pada romansa kepala tim Humas di Starforce Entertainment, Oh Han Byeol (Lee Sung Kyung), dan bintang top Gong Tae Sung (Kim Young Dae). Meski pernah menjadi sepasang kekasih, hubungan mereka saat ini lebih seperti musuh bebuyutan.

Di episode perdana "Shooting Stars", Gong Tae Sung diceritakan menjadi sukarelawan selama setahun di Afrika. Di sana dia melakukan berbagai perbuatan mulia, termasuk membantu pengeboran sumur agar warga setempat mendapat akses air bersih.

Meskipun adegan ini mungkin bertujuan untuk menggambarkan karakter secara positif, pemirsa menganggapnya cukup ofensif. Seorang netizen internasional berkata, "Sepertinya penulis dan sutradara 'Shooting Stars' benar-benar lupa kalau 30 hingga 50 tahun yang lalu Korea tidak berkembang."

"Mereka membutuhkan buku sejarah yang bagus tentang negaranya sendiri untuk mengetahui bahwa air bersih, makanan dan pakaian tidak dijamin bahkan di tanahnya sendiri," imbuh netizen tersebut.

"Shooting Stars" kemudian dikritik karena membentuk citra stereotip tentang Afrika dengan memberikan musik "tradisional". Beberapa orang bahkan menyebutnya telah meniru film Disney "The Lion King".

Netizen juga menyebut drama ini menggambarkan Afrika sebagai sebuah negara alih-alih seluruh benua, dan menggambarkan pemeran utama prianya dengan kompleks "penyelamat kulit putih" yang datang untuk membantu membawa air seolah-olah Afrika belum memiliki setetes air pun.


Lebih lanjut, pemirsa mengkritik editor karena menyertakan "filter kuning" dalam adegan Kim Young Dae di Afrika. Teknik ini sering digunakan dalam film-film Hollywood ketika menggambarkan berbagai tempat asing seperti Meksiko, India dan Afrika, sebagai daerah "kurang beruntung", "berbahaya" dan "terbelakang".

Sementara tim produksi menggambarkan Afrika "terbelakang" dan membutuhkan akses air, karakter Kim Young Dae justru dapat melakukan panggilan video dengan mudah. Hal ini akhirnya bertentangan dengan "konsep" yang diangkat tim produksi.

Tak Cuma Pelecehan Seksual, \'Shooting Stars\' Juga Dikritik karena Adegan \'Diskriminatif\' Soal Afrika

Source: tvN

Akibatnya, adegan ini membuat sejumlah pemirsa tidak nyaman. Penggemar K-Drama di Afrika juga mengaku sangat kecewa karena penggambaran stereotip yang menyakitkan tentang mereka.

"Baru dua menit tapi 'Shooting Stars' sudah menunjukkan pandangan rasis dan stereotip tentang Afrika," ujar seorang netizen. "Penggambaran Afrika sangat ofensif," imbuh netizen yang lain.

"Kalian mengirim orang Korea untuk menggali sumur di Afrika, tapi dia dapat melakukan panggilan video menggunakan internet?" kata netizen yang lain. "Aku bosan melihat Afrika diperlakukan sebagai tempat monolit dengan raja singa bermain dan tidak ada akses air," timpal yang lain.

"Aku sangat bersemangat untuk menonton 'Shooting Stars', tapi ketika melihat adegan di Afrika aku sangat kecewa. Kami memiliki air di Afrika, dan Afrika itu bukan negara, tapi benua yang indah. Kami juga berkembang," sahut netizen lainnya dan masih banyak lagi.

Sementara itu, dua episode perdana "Shooting Stars" mencatat rating mengenaskan di kisaran 1 persen. Hal ini sedikit mengejutkan, karena "Shooting Stars" dibintangi oleh sejumlah aktor populer.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru